Yoga 30 Menit Cegah Osteoporosis

Osteoporosis menjadi salah satu penyakit degeneratif, yaitu penyakit yang risikonya makin tinggi seiring bertambahnya usia. Osteoporosis terjadi karena penurunan kualitas dan kepadatan tulang yang mengakibatkan rapuh, lebih sensitif serta mudah patah.

Bagaimana cara mencegahnya? Dr Suci Sutinah, medical advisor PT Bayer Indonesia mengatakan, osteoporosis bukan terjadi karena penuaan, tetapi karena kurangnya kalsium serta gaya hidup sejak muda. Kurangnya kalsium dalam tubuh, didorong faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena osteoporosis.

Dia menjelaskan, osteoporosis bisa dicegah sejak dini dengan menerapkan gaya hidup sehat, termasuk olahraga teratur. Salah satu aktivitas fisik yang disarankan dan aman untuk penderita osteoporosis adalah yoga.

Instruktur yoga dan juga penulis buku ‘Tetap Sehat Dengan Yoga’, Astrid Amalia mengungkapkan, gerakan-gerakan yang ada pada yoga dapat menguatkan tulang dan otot.

“Gerakan-gerakan yoga dapat menguatkan tulang dan otot dengan cara yang sangat aman bagi siapa pun, baik untuk pencegahan ataupun yang sudah terkena osteoporosis,” kata Astrid.

Dia menjelaskan, yoga adalah olahraga yang dapat meningkatkan keseimbangan tubuh sehingga melatih tubuh menjadi kuat dan tidak mudah goyah.

Sejumlah gerakan-gerakan yoga yang dapat mencegah osteoporosis adalah dolphin plank pose, extended triangle pose, revolved side angle pose, warrior II pose, dan half moon pose.

(SP/mr)