Wisata Petualangan di Pulau Kalong Yogyakarta, Asyiknya sambil Selfie di Jembatan Gantung

Travelling ke Daerah Istimewa Yogyakarta belum lengkap tanpa menjelajahi pantai yang eksotis. Salah satu pantai yang wajib dikunjungi adalah Pantai Sinden. Di pantai ini terdapat Pulau Kalong yang menawan.

Pantai yang terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo ini terbilang unik. Karena berada di antara dua pantai besar yang memiliki pasir putih, yaitu Pantai Greweng dan Pantai Sedahan. Selain itu, di Pantai ini tidak terdapat area pantai yang landai. Gulungan ombaknya juga terlihat ganas menghantam dasar tebing karang.

dilihat sekilas, pantai ini memang mirip dengan Pantai Timang yang juga berada di Gunungkidul. Hanya saja, jaraknya lebih pendek. Destinasi satu ini memang sedang ramai diperbincangkan netizen di media sosial. Selain karena lansekap alamnya yang epik dan eksotik, atraksi wisata ekstrem yang ditawarkan juga menjadi daya tarik.

Saat berada di pantai ini, traveler akan disuguhi indahnya lukisan alam berupa langit biru yang jernih, hamparan lautan, ombak yang pecah di tebing, serta batuan kapur yang dihiasi rumput liar.

Buat traveler yang bernyali besar, wajib menaiki jembatan gantung yang menghubungkan Pantai Sinden dengan Pulau Kalong. Alat penyeberangan satu ini memang mirip dengan yang ada di Pantai Timang. Traveler bisa foto-foto di pertengahan jembatan. Sensasi ombak dan anginnya mampu menciptakan hasil foto yang alami. Latar belakang batu karang juga akan membuat foto terlihat lebih bagus. Apalagi jika cuaca sedang cerah.

Jembatan gantung ini masih tradisional, menggunakan alat sederhana berupa tali plastik sebagai pegangan dan potongan kayu untuk tumpuan kaki. Sensasi menegangkan akan traveler rasakan ketika menyeberang. Pemandangan laut lepas dengan ombak besar disertai angin kencang membuat jembatan bergoyang-goyang. Di sinilah adrenalin traveler akan diuji.

Setibanya di Pulau Kalong, traveler bisa puas berfoto-foto. Panorama alamnya sangat cantik. Traveler juga bisa memancing, sembari menunggu datangnya sunset. Lokasi ini menjadi favorit bagi pencinta rock fishing, karena spotnya sangat bagus dan ikannya besar-besar.

Jarak tempuh dari Kota Yogyakarta menuju Pulau Kalong sekitar 3 jam. Untuk menuju ke pulau ini traveler bisa mengambil rute ke Pantai Wedi Ombo. Traveler harus membayar retribusi sebesar Rp6.000, sudah termasuk tiket menuju Pantai Sinden dan Pantai Jungwok. Sedangkan untuk harga tiket naik Jembatan gantung Rp25.000. Bagaimana, tertarik menjelajahi Pulau Kalong?

(SP/mr)