Waspadai Orang Positif Covid-19 Tanpa Gejala

Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Kapuskesad), Mayjen TNI Dr dr Tugas Ratmono Sps MARS MH mengingatkan kepada seluruh pihak agar mewaspadai orang yang positif terpapar virus corona (Covid-19) tanpa gejala. Ia mengindikasikan bahwa ada orang yang terpapar virus corona, namun tanpa dimulai dengan tanda-tanda gejalanya.

“Dalam pengendalian orang tanpa gejala ini sangat penting dilakukan dari seluruh komponen, dari semua pihak, supaya orang tanpa gejala ini tidak dianggap tenang-tenang dan harus diketahui dengan baik,” ujar Tugas Ratmono saat konpers di Graha BNPB yang ditayangkan melalui saluran YouTube, Minggu (22/3/2020).

Menurutnya, seluruh pihak penting melakukan pemgendalian terhadap orang tanpa gejala, Orang Dalam Pengawasan (OPD) serta Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Hal itu penting untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Sebenarnya kita mengenali bahwa ada yang dikelompokkan dalam klaster orang sehat, orang tanpa gejala, sehat, tapi mungkin juga terpapar oleh Covid-19, kemudian setelah diketahui mungkin juga ada kontak erat dengan Covid-19 kemudian positif mungkin tanpa ada gejala ini dalam ODP,” ujarnya.

Infografis COVID-19

Ia meminta mereka yang sudah mengalami gejala terpapar Covid-19 untuk segera memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit rujukan. Sementara bagi masyarakat yang masih sehat, katanya, agar mengikuti instruksi pemerintah yakni dengan tidak keluar rumah atau membatasi diri berinteraksi dengan tatap muka.

“Jadi, kasus-kasus yang berat bentuknya yang seperti pneumonia atau yang sudah mengalami keluhan sesak napas tentunya ini harus dilakukan segera perawatan di rumah sakit yang mungkin menggunakan alat bantu seperti mekanik ventilator atau juga cukup pengawasan di ruang isolasi atau Intensive Care Unit sangat penting untuk menangani darurat bencana yang saat ini terjadi untuk melanda di Indonesia saat ini dan di seluruh dunia,” terang dia.