Usai Diperiksa KPK, Setya Novanto Akui Dirinya Masih Jadi Ketua DPR

Tersangka kasus korupsi e-KTP Setya Novanto (Setnov) rampung menjalani pemeriksaan di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dirinya diperiksa sekira enam jam oleh penyidik lembaga antirasuah.

Saat keluar dari Gedung KPK, Setnov enggan meladeni pertanyaan awak media saat menanyakan seputar pemeriksaannya pada hari ini. Namun, ketika ditanyakan apakah masih menjabat sebagai Ketua DPR, Setnov langsung meresponnya.

“Masih (Ketua DPR),” singkat Setnov usai diperiksa KPK, Jakarta, Kamis (23/11/2017).

Setnov sendiri menjalani dua pemeriksaan pada hari ini, pertama terkait dengan kasus korupsi e-KTP dan kedua berkaitan dengan kasus kecelakaan yang dialami dirinya.

¬†Setnov mengklaim bahwa keadaan internal di DPR dalam kondisi yang baik saja, meskipun dirinya telah ditahan oleh KPK. “Baik-baik saja (di DPR),” ucap Setnov.

Ketika kembali disinggung mengenai pemeriksaannya pada hari ini, Setnov memilih untuk menghindar awak media dan langsung menuju mobil tahanan yang telah menunggunya.

Setnov saat ini memang masih menjabat sebagai Ketua DPR meskipun fraksi yang ada di parlemen meminta untuk Golkar mengajukan nama pengganti Setnov. Sedangkan posisi Setnov sebagai Ketua Umum Golkar telah dinonaktifkan dengan diganti oleh pelaksana tugas (Plt) Idrus Marham.

Keputusan itu diputuskan dalam rapat pleno DPP Golkar. Penonaktifan Setnov akan berlaku sampai adanya hasil sidang praperadilan yang diajukan oleh Setnov.

(Ari)

Mungkin Anda Menyukai