Unik, Kewalahan Terima Santri, Pesantren Ini Ubah Garasi Mobil Jadi Kamar!

Rupanya santri yang mendaftar jumlahnya membludak. Akibatnya Pondok Pesantren Sidogiri harus mencari akal untuk menampung para santrinya yang banyak tersebut. Pondok Pesantren Sidogiri terletak di Desa Sidogiri, Kraton Pasuruan, Jawa Timur.

Garasi mobil diubah jadi kamar santri

Guna menampung jumlah santri yangd diperkirakanmelebihi angka 11.000, Pondok Pesantren Sidogiri mulai melakukan pembangunan tempat pemukiman santri dengan mengubah garasi mobil Kantor Sekretariat menjadi kamar santri beberapa hari lalu.

Mengubah garasi mobil menjadi kamar para santri merupakan ide Ketua Umum Pondok Pesantren Sidogiri, H. Bahruddin Thoyyib. Ini merupakan sebuah ide yang unik sekaligus cemerlang!

Seperti dilansir website Pondok Pesantren Sidogiri, saat ditanyakan mengenai pembangunan kamar santri ini, Ustadz Abdulloh Karim selaku Bendahara I menyampaikan, saat ini merupakan kondisi darurat. Sebab pesantren masih belum punya lahan.

Solusinya, terang Ustadz Abdulloh, kantor-kantor yang berada di bawah Daerah N dan O diubah menjadi kamar santri. Ini harus dilakukan karena pesantren belum mampu menampung santri yang membludak.

“Belum bisa dipastikan ini akan menjadi kamar daerah mana, mungkin karena berdekatan dengan daerah M, bisa saja ini salah satu kamar daerah M,” jelas Bendahara I Sidogiri ini.

Beliau juga menjelaskan kenapa tidak mau membangun asrama santri di wilayah selatan Pesantren Sidogiri adalah karena ada dawuh dari Pengasuh sebelumnya, KH. Abdul Alim.

Beliau berpesan tentang larangan membangun asrama santri di arah selatan pondok. Oleh karena itu pembagunan di daerah yang dilarang tak mungkin dilakukan

Mungkin Anda Menyukai