Sulit Berkomunikasi di Tempat Kerja, Begini Solusinya

Komunikasi seringkali dianggap sebagai suatu hal yang mudah. Saat berada di tempat kerja, komunikasi sangat penting untuk mendukung produktivitas dan keterlibatan rekan kerja.

Nyatanya, tidak semua orang dapat melakukannya secara optimal karena adanya beberapa hambatan dalam proses komunikasi.

Oleh karena itu, berikut beberapa cara untuk membangun komunikasi yang baik di tempat kerja dengan memecah hambatan komunikasi yang ada seperti dilansir CNN, Jakarta, Minggu (1/9/2019).

Jalankan Rapat yang Sempurna

Rapat dikenal sebagai agenda panjang dan membosankan. Meski begitu, tidak dapat dihindari bahwa rapat sangatlah penting dan diperlukan. Undanglah orang-orang yang memang terkait dengan topik pertemuan. Buatlah agenda yang akan membantumu saat rapat berlangsung. Jangan lupa ciptakan suasana yang dapat membuat suasana rapat menjadi partisipatif.

Berhenti Merasa Terganggu

Kamu mungkin sudah bisa mengatur sebuah rapat dengan baik, tetapi tak selamanya kamu bisa mengendalikan tindakan orang lain apalagi jika sudah merasa terganggu. Terinterupsi dalam rapat terkadang bisa membuat kamu merasa bingung atau bahkan marah. Pada akhirnya dapat memengaruhi pekerjaaan yang kamu tekuni. Tetaplah berpikiran positif dan hargai orang-orang yang ada di sekitarmu. Dengan begitu, kamu dapat menjadi lebih terbuka dan memahami lingkungan sekitarmu.

Kerja

Raih Pengakuan atas Kerja Kerasmu

Mendapatkan pengakuan atas kontribusi yang kamu berikan adalah hal yang penting. Lakukan cek rutin untuk mengorganisir apa saja yang telah kamu kerjakan dalam waktu tertentu. Hal itu berfungsi agar semua pekerjaan dapat terkontrol dengan baik. Selain itu. kamu juga harus bisa mengakui dan menghargai pencapaian orang lain, dengan begitu orang lain juga akan menghargai setiap kerja kerasmu.

Jangan Biarkan Seseorang Mencurinya

Pengakuan atas pekerjaan adalah hal yang penting dalam meniti tangga karir. Melalui sebuah pujian, seseorang akan merasa dihargai dan menjadi lebih semangat. Jika seseorang mengambil pujian atas pekerjaan kamu, jangan diam saja.

Ingatlah untuk selalu menjaga ide-idemu dan pikirkan matang-matang ketika ingin membagikannya. Pastikan kamu sudah membuat beberapa peraturan dasar untuk disepakati bersama sebelum mulai bekerja.