Sertijab Mendagri, Tito Karnavian Siap Jalankan Tugas Baru

Tito Karnavian resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Usai dilantik, Tito langsung melaksanakan serah terima jabatan (sertijab) Mendagri dari Tjahjo Kumolo di Kementerian Dalam Negeri (Kemendargi), Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Tito menggantikan Tjahjo Kumolo yang diminta menjabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Dalam pidatonya, Tito mengaku siap menjalankan tugas yang baru.

Dia memastikan akan meneruskan program sebelumnya yang dirasa sudah baik. Sementara program lainnya, akan dikaji bersama tim yang berada di Kemendagri.

“Yang jelas saya akan meneruskan apapun pekerjaan Pak Tjahjo Kumolo yang baik, kalau ada kekurangan kita akan sama sama perbaiki,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Tjahjo Kumolo mengucapkan selamat kepada Tito Karnavian untuk menjalankan tugasnya yang baru. Dia yakin Tito lebih baik dalam memimpin Kemendagri, terutama dalam sektor keamanan dan ketertiban di daerah.

“Saya merasa lima tahun ini yang belum (kurang) adalah menjaga stabilitas kambtibmas daerah. Kalau ada permasalahan timbul, baru ada koordinasi. Saya yakin dengan pengalaman Pak Tito yang sukses berkoordinasi bersama TNI dan lainnya dapat membangun stabilitas dengan cepat,” katanya.

(SP/mr)