Senangnya Para Jemaat Bisa Ibadah Jumat Agung di Katedral

Jemaat yang mengikuti ibadah Jumat Agung terlihat ramai di kawasan Gereja Katedral, Jakarta Pusat Jumat (15/4/2022).

Ketua Tim Gugus Kendali Paroki Gereja Katedral, Romo Bernadus C. Triyudo Prastowo merasa senang dengan melihat jemaat yang berkumpul. Ia juga bersyukur melihat jemaat yang berbahagia untuk mengikuti Jumat Agung.

“Kita juga dalam masa ini masih dalam masa transisi (Covid-19), itu yang perlu terus dijaga, supaya tidak terlalu euforia lebih. Sesekali saya sempatkan untuk menyapa jemaat,” ujar Bernadus.

Ia juga membedakan antusiasme masyarakat yang beribadat melalui online tahun lalu dengan tahun ini yang diselenggarakan offline.

“Jadi beda juga ya jumlah umatnya. Tetapi secara penataan tidak ada banyak perbedaan karena memang ya seperti itu,” katanya.

Salah satu jemaat yang hadir, Ratih (33) mengatakan, ia merasa umat nasrani sangat bangga, karena dua tahun sebelumnya ia menyelenggarakan melalui online atau televisi.

“Sempat takut juga karena banyak orang dan nggak ada jarak juga kan. Tetapi, selama kita pakai masker enggak apa-apa. Dibanding dua tahun lalu, bisa dibilang tahun ini lebih beda lah untuk ikut misa-nya. Untuk aku pribadi, senang bisa balik ke gereja lagi,” ujar Ratih.

Jemaat lainnya, Wiwin (36) asal Manado, Sulawesi Utara juga hadir di Gereja Katedral dalam ibadat Jumat Agung tahun ini. Ia merasa senang bisa merayakan Jumat Agung di Jakarta dan melihat suasana Gereja Katedral yang ramai dikunjungi jemaat.

“Merasa senang sih saya baru pertama kali ini ya ibadah ke sini, saya merasa happy ya,” ujar Wiwin. (msld).

Mungkin Anda Menyukai