Ramai soal Lockdown, Social Distancing & WFH karena Corona, Ini Definisinya

Sejumlah istilah asing menjadi populer di masyarakat setelah mewabahnya virus corona atau Covid-19 di Indonesia. Istilah asing tersebut meliputi lockdown, social distancing, hingga work from home (WFH).

Berikut definisi ketiga istilah asing itu yang kerap diperbincangkan di ruang publik:

Lockdown

Lockdown merupakan istilah yang diambil dari bahasa Inggris yang berarti mengunci. Sehingga, bila istilah tersebut dipakai dalam penanganan Covid-19 berarti lockdown adalah mengunci seluruh akses masuk maupun keluar dari suatu daerah, hingga Indonesia.

Adapun tujuan mengunci akses masuk maupun keluar tersebut untuk menutup aktivitas masyarakat yang ada di daerah maupun negara Indonesia.

Ilustrasi Foto: Ist

Sehingga, aktivitas sekolah, transportasi umum, tempat umum, perkantoran, bahkan perusahaan harus ditutup dan tidak diperbolehkan beraktivitas. Sehingga, aturan jam malam pun akan diterapkan.

Pemerintah berulang kali menegaskan bahwa tidak akan mengambil opsi lockdown. Meski demikian, lockdown telah dilakukan oleh otoritas Kota Wuhan, China hingga Italia, Singapura, dan Malaysia.

Langkah lockdown diambil setelah penyebaran virus corona di negara tersebut menjangkit banyak warganya.

Social Distancing

Istilah social distancing berarti membatasi interaksi atau kontak langsung dengan orang lain atau banyak orang. Sehingga, langkah melakukan social distancing bertujuan untuk mengurangi penularan virus corona kepada orang lain.

Selain social distancing, istilah self isolation juga populer di kalangan masyarakat setelah mewabahnya Covid-19. Self isolation adalah membatasi diri sendiri untuk berinteraksi dengan orang lain.

Ilustrasi Foto: Ist

Self isolation akan dilakukan kepada orang dalam pengawasan (ODP). Artinya, pasien tersebut pernah melakukan kontak langsung kepada pasien yang telah positif Covid-19, namun tidak memiliki ciri-ciri terjangkit corona.

Work From Home

WFH menjadi populer setelah adanya imbauan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga Presiden Joko Widodo untuk bekerja di rumah.

WFH memang berarti bekerja dari rumah guna mencegah penyebaran Covid-19 setelah dinyatakan sebagai pandemi oleh organisasi kesehatan dunia atau WHO. Mekanisme bekerja dari rumah bisa dilakukan secara daring atau melalui internet.