Puluhan Bus Transjakarta Terbengkalai di Ciputat, Dipastikan Milik PT INKA

PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA) memastikan bahwa puluhan Bus Transjakarta yang terbengkalai di sebuah lahan hijau kawasan Ciputat, Banten, adalah milik mereka. Puluhan armada itu hingga kini belum diserah terimakan ke Pemerintah Provinsi DKI lantaran proses pengadaan yang bermasalah pada 2013 seperti dilansir dari okezone.

“Belum ada serah-terima (ke Pemprov DKI), jadi masih milik INKA,” kata Senior Manager Humas, Sekretariat, dan Protokoler INKA Hartono saat dikonfirmasi, Selasa (30/7/2019).

Ia menyebut pihaknya belum bisa memastikan ihwal kapan serah-terima akan dilakukan ke Pemprov DKI. Sebab hingga kini pun tidak ada kejelasan dari pihak Pemprov DKI ihwal pembatalan kontrak tersebut.

“Jadi pembatalan kontraknya itu yang seperti apa? Kita kan masih belum menerima pembatalannya. Makanya ini masih proses penyelesaian,” ujar Hartono.

Saat ini, lanjut dia, proses pembayaran yang telah diberikan Pemprov DKI hanya sebatas uang muka, yakni 20 persen dari nilai kontrak pembelian. Namun, ia mengaku tidak ingat ihwal besaran anggaran yang telah digelontorkan tersebut.

“Sesuai kontrak kan membayar uang muka. Persisnya berapa harus dicek lagi,” kata Hartono.

Sekadar diketahui, pengadaan Bus Transjakarta saat itu diduga terjadi persengkongkolan jahat antara Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Udar Pristono dengan pihak perusahaan. Akibatnya, negara dirugikan sebesar Rp399.956.176.750 dalam pengadaan armada transportasi massal itu.

Mungkin Anda Menyukai