Peristiwa 18 Agustus : UUD 1945 Disahkan dan Soekarno-Hatta Jadi Presiden-Wapres RI Pertama

Sejumlah peristiwa terjadi pada 18 Agustus. Di antaranya rumusan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia disahkan dalam sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada 1945. Lalu, dalam hari yang sama, Soekarno dan Mohammad Hatta diangkat menjadi Presiden-Wapres RI pertama.

Untuk kembali mengenang peristiwa yang terjadi pada 18 Agustus yang dikutip berdasarkan sumber Wikipedia. Berikut ulasannya :

1868 – Pierre Jules César Janssen menemukan helium

Pierre Jules César Janssen merupakan seorang astronom Prancis, yang bersama dengan ilmuwan Inggris Joseph Norman Lockyer, diakui sebagai penemu gas helium.

1877 – Asaph Hall menemukan Phobos, bulan terbesar Mars

Dia adalah seorang ahli astronomi berkebangsaan Amerika yang terkenal dalam penemuan Bulan Mars (yang bernama Deimos and Phobos) pada tahun 1877. Dia menemukan orbit satelit dari planet lain dan dari bintang ganda, rotasi Saturnus, dan massa Mars.

Hall lahir di Goshen, Connecticut, putra Asaph Hall II, seorang pembuat jam, dan Hannah Palmer. Ayahnya meninggal ketika ia berusia 13 tahun, meninggalkan keluarga dalam kesulitan keuangan. Jadi Asaph meninggalkan sekolah untuk menjadi magang pada seorang tukang kayu pada usia 16 tahun.

1945 – Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia disahkan dalam sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI)

Sehari setelah proklamasi kemerdekaan, sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 membuat sebuah keputusan penting terkait negara Indonesia :

Bung Hatta Foto: Wikimedia

1. Mengesahkan dan menetapkan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia yang telah dipersiapkan oleh Dokuritsu Junbi Coosakai (BPUPKI), yang kemudian dikenal dengan Undang-Undang Dasar 1945.

2. Memilih Ir Soekarno sebagai presiden dan Drs Mohammad Hatta sebagai wakil presiden. Pemilihan presiden dan wakil presiden dilakukan secara aklamasi atas usul dari Otto Iskandardinata.

3. Membentuk sebuah Komite Nasional untuk membantu presiden selama Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) belum terbentuk.

2005 – Pemadaman serentak terjadi di Pulau Jawa, memberi dampak pada lebih dari 100 juta orang.

2018 – Mantan Sekjen PBB, Koffi Annan meninggal

Dia adalah diplomat Ghana yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-7 sejak Januari 1997 sampai Desember 2006.

Mantan Sekjen PBB Koffi Annan (foto: BBC)

Annan dan PBB adalah penerima Hadiah Perdamaian Nobel 2001. Ia adalah pendiri dan ketua Kofi Annan Foundation sekaligus ketua The Elders, organisasi internasional yang didirikan oleh Nelson Mandela.

2018 – Pembukaan Asian Games 2018: Energy of Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta (msp)

 

Mungkin Anda Menyukai