PENYEBAR ISLAM DI KAMPUNG SETU, SITUS MAKAM KERAMAT KI BUYUT SENGKOK

Situs makam keramat Ki buyut sengkok menjadi salah satu cagar budaya di kp Setu Kel,Buaran kec,Serpong, yang terletak jalan raya Buaran BSD, belakang SPBU Buaran RT 05/01 yang syarat akan ke keramatannya. Buaran. Tangerang selatan (22/05/21).

Makam keramat Ki buyut sengkok menjadi salah satu situs makam yang di keramatkan bagi penduduk yang khususnya bertempat tinggal di lingkungan Buaran dan Setu.

Tak hanya warga yang berada di lingkungan saja yang berziarah, turut pula dari berbagai macam luar daerah seperti Cirebon, Banten Bogor, dan masih banyak lagi.

Situs makam Ki buyut sengkok yang berada di tanah seluas 1,268 m2, berserta musola ini di bangun oleh perusahaan milik swasta, Untuk letak makam berada di jalan raya Buaran bsd belakang SPBU Buaran,

Konon dari cerita pengurus makam Wahid mengatakan, ” makam ini di yakini masyarakat sekitar bernama Kiai abdulah kasiman bin salman alias kiai buyut sengkok yang merupakan pemuka agama di kp Buaran,Setu. dan kami pengurus berharap semoga cagar budaya ini mendapatkan perhatian dari pihak terkait, tutur -Wahid

banyak versi cerita yang beredar bahwasanya makam Ki buyut ini adalah makam seorang sakti mandra guna dengan tangganya yang sengkok sebelah, dan jawara yang tak terkalahkan.

Ada pula versi lain yang mengatakan bahwasanya makam ini adalah makam dari seorang alim ulama zaman dahulu yang menyebarkan agama Islam di kp Setu,Buaran dan di yakini orang alim tutur, -muhayar selaku pengurus dan DKM makam Ki buyut sengkok.

Mungkin Anda Menyukai