Pancasila Ideologi Pemersatu Bangsa

Perumusan Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia tidak terlepas dari sejarah perjuangan para pahlawan untuk merenggut kemerdekaan. Para pendiri bangsa “Founding Fathers” telah menjadikan pancasila sebagai pemersatu bangsa demi terwujudnya Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera.

“Tanggal 1 Juni 1945 Ir. Soekarno memberi nama Pancasila yang artinya 5 dasar pada pidatonya dan tanggal 17 Agustus 1945 memproklamasikan kemerdekaan, 18 Agustus dimana tercantum isi rumusan 5 prinsip dasar negara yang diberi nama Pancasila, Dari itulah Pancasila menajadi pedoman hidup bangsa Indonesia”.

Sebagai bangsa, Indonesia menjadikan Pancasila sebagai ideologi nasional. Di dalam ideologi tersebut memiliki nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku dan bisa diterima bagi seluruh rakyatnya. Nilai-nilai dan norma-noma itulah yang dibuat sebagai pedoman untuk mencapai tujuan hidup berbangsa dan bernegara .

“Bahwa peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2019  merupakan momentum untuk merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa”

Pancasila sebagai perekat dan penguat persatuan bangsa harus tetap berkobar demi kejayaan Indonesia. “Jadikan Pancasila sebagai landasan perjuangan kita karena ditangan pemuda perubahan itu terjadi’’.

Bung Karno pernah berkata “Beri aku 1.000 orang tua, Niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, Niscaya akan kuguncangkan dunia”. harus menjadi spirit bagi pemuda untuk melakukan perubahan.

*Musa al as’ari