Nico Siahaan: Kemanusiaan Harus Di Atas Segalanya

Menjaga keutuhan bangsa adalah tugas dari setiap Warga Negara Indonesia, bukan hanya dilakukan sebagai wujud terimakasih kita kepada pendiri Bangsa tapi juga menjadi kewajiban sebagaimana tercantum di dalam undang-undang. Hal ini disampaikan oleh Junico Siahaan dalam sosialisasi 4 pilar MPR di Kota Bandung, Kamis (28/11/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Anggota DPR RI yang akrab disapa Nico Siahaan ini berpesan kepada peserta yang hadir bahwa puncak tertinggi dalam pergaulan sesama anak bangsa adalah kemanusiaan. Sehingga segala bentuk perbedaan diantara warga negara, baik itu ekonomi, pandangan politik, suku, agama, dan ras harus didudukkan dibawah kemanusiaan.

“Bila kita tidak dapat sama dalam agama, suku, maka kita bisa sama sebagai satu bangsa dan bila itupun tidak cukup maka lihatlah bahwa kita saudara sesama manusia,” tegasnya.

Selain itu, Nico juga mendorong agar pemerintah dan segenap pejabat publik untuk merumsukan kebijakan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan tidak boleh keluar dari undang-undang yang sudah digariskan. Kebijakan-kebijakan yang ada menurutnya juga harus tetap menjunjung tinggi ciri khas keberagaman dan selalu dalam bingaki Negara kesatuan republik Indonesia.

“Perumusan kebijakan itu wajib hukumnya memperhatikan 4 pilar atau 4 konsensus yang ada di Republik ini, tidak boleh tidak. Supaya cita-cita kita sebagai bangsa yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 dapat terwujud,” jelasnya.