Nasdem-Golkar Disebut Akan Koalisi di Seluruh Daerah pada Pilkada 2020

Ketua DPP Partai Nasdem Irma Suryani Chaniago menyebutkan kerjasama atau koalisi yang dilakukan oleh pihaknya dengan Golkar untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 nanti sudah ditentukan sejak lama.

“Jadi memang yang disepakati sejak lama. Nah mungkin pertemuan itu untuk menetapkan kembali secara resmi,” ucap Irma kepada wartawan, Senin (9/3/2020).

Lebih lanjut Irma mengungkapkan, peta koalisi oleh pihaknya dengan partai berlambang pohon beringin tersebut pada Pilkada 2020 nanti dilakukan di seluruh daerah Indonesia.

“Jadi kalau misalnya di satu wilayah Nasdem dan Golkar bisa menyatu, ada kesempatan untuk mendukung satu calon, kita pasti mendukung secara bersama,” ujarnya.

Elite NasDem Sambangi Golkar (foto: Okezone/M Rizky)

“Bahwa memang kita berkoalisi dengan Golkar di semua pilkada di seluruh daerah, yang memang kita ada calon bersama. Jadi misalnya kalau Golkarnya¬†incumbent¬†nah wakilnya dari Nasdem, dan sebaliknya,” tuturIrma.

Kendati demikian, Irma menyebutkan bahwa pihaknya tidak juga menutup kemungkinan untuk berkoalisi dengan partai lainnya. Apalagi, jika di daerah tertentu dalam Pilkada nanti tidak ada calon atau kader dari Nasdem.

“Tapi enggak menutup kemungkinan untuk berkoalisi dengan yang lain juga. Tapi kita mengutamakan dengan teman-teman Golkar,” katanya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengakui kalau pertemuan yang dilakukan keduanya salah satunya membahas mengenai koalisi pada Pilkada 2020.