LPBI NU Tangsel Gelar Latihan Dasar Relawan

Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI-NU) Kota Tangerang Selatan mengadakan kegiatan Pelatihan Dasar Relawan.
Sabtu, 10 April 2021, di Aula Kantor Kementrian Agama Kota Tangerang Selatan.

Kegiatan ini diikuti oleh Perwakilan dari MWC NU, Badan otonom, dan Lembaga-lembaga yang ada di PCNU Kota Tangerang Selatan.

Dalam sambutannya Sekretaris LPBI NU Tangsel Khotibul Umam mengungkapkan bahwa pelatihan ini adalah langkah awal dalam pembentukan karakter relawan yang cakap, efektif, dan efisien.

Selanjutnya, LPBI NU Tangsel akan membuat pelatihan berjenjang dan lebih spesifik sesuai keahlian, seperti SAR, Water Rescue, FirstAID, Dapur Umum, Database, dan lainnya.

Khatibul Umam berharap setelah mengikuti pelatihan peserta dapat dijadikan sebagai jejaring LPBI NU di wilayahnya dan dapat berkontribusi dalam pelestrasian lingkungan dan mengajak masyarakat untuk sigap dalam mitigasi dan penanggulangan bencana.

Sementara itu Ketua PCNU Tangerang Selatan KH. Abdullah Mas’ud menyatakan bahwa lembaga-lembaga NU siap bekerjasama dengan LPBI dalam penanggulangan bencana.

Bersamaan dengan hal ini Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan Drs. H. Toto Sudarto, M.Si yg juga hadir dalam acara tersebut menyatakan bahwa Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan siap bekerjasama dalam pembuatan bank sampah dan sosialisasi pengelolaan sampah rumahan.

Hadir pula dalam acara tersebut, Drs. Suhadi, Kepala Bidang Pendidikan Kemenag Tangerang Selatan.

Ada tiga Sesi Materi yang diagendakan dalam kegiatan ini yaitu:
NU dan Kiprahnya dalam penanggulangan bencana dan perubahan iklim yang disampaikan oleh Imam Syafii (Pengurus LPBU NU Pusat)
Materi kedua adalah Problematika pelestarian lingkungan hidup yang disampaikan oleh Ahmad Baihaqi Spd. M.Ling.
Serta materi ketiga adalah Problematika penanggulanngan bencana yang dibawahan oleh Zarkasih Tanjung (Koordinator Penanggulangan Bencana LPBI NU Tangsel)

Jeffri maulana peserta pelatihan dari Ciputat merasa bangga dan senang mengikuti kegiatan ini yang menurutnya bisa memperoleh ilmu baru, harapannya LPBI NU Tangerang selatan bisa menambah Sklill relawannya dengan pelatihan yang lebih spesifik.

Mungkin Anda Menyukai