Lembaga Masyarakat Adat Harap Harus Putra Enarotali Yang Jadi Ketua DPRD

Ketua DPP Partai PKB Abdul Kadir Karding mengatakan untuk jadi Ketua DPRD kita mengikuti sesuai kontestasi tes fit and proper, karena ini melalui aturan dan undang-undang untuk menjadi Ketua DPRD Kabupaten/Kota. Kepala Suku Paniai Yohanes Yogi menegaskan, rekomendasinya tidak sembarang direkomendasikan oleh pihaknya kepada pihak lain.

Semua masih menuggu atas hasil tes di Jakarta, jadi? ketua itu siapa belum ada hasil. Pihaknya belum menunjuk kader PKB untuk menjabat Ketua DPRD di daerahnya.

Kepala Suku Paniai atau Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Yohanes Yogi mengatakan, hal ini masih dan sudah proses di mahkamah partai dan tim penjaringan calon ketua DPRD untuk kabupaten Paniai, kami berharap harus putra Paniai Timur yang jadi Ketua DPRD di Kabupaten Paniai.

Hasilnya disampaikan setelah final dari seluruh proses hukum di mahkamah partai. Di internal PKB masih ada proses hukum, kita masih menunggu hasilnya.

Yogi menambahkan, ada kriteria sendiri bagi calon Ketua DPRD. Ia pun menjelaskan tujuh poin. Pertama berpengalaman, kedua pengurus harian, ketiga pendidikan tinggi minimal serjana, keempat harus berprestasi, berdidikasi, dan tidak tercelah.

Kelima, itu suara terbanyak, keenam pernah aktif di partai lain, dan ketujuh apabila ada yang tidak memenuhi syarat tersebut, maka harus mendapatkan persetujuan dari ketua umum.

“Jadi ini ada diskresi dari ketua umum, tegas Kepala Suku Paniai (LMA) itu, jadi kepada pengurus Partai daerah sampai pusat bahwa syarat untuk jadi Ketua DPRD di Paniai ini dari pandangan Masyarakat Adat harus anak putra Asli Enarotali, karena kota adalah di Enarotali bukan ditempat lain,” tegas Yogi ketika pleno penetapan.

Berdasarkan kriteria itu, lanjut Yogi, maka sudah mengikuti tes karena adanya proses fit and proper tes di tingkat provinsi bahkan di pusat.

“Disela itu menurut Yohanes Yogi, empat calon terpilih dari Partai PKB sudah ikut tes dan mereka itu direkomendasikan melalui rapat pleno DPD II partai (PKB) untuk kabupaten/kota di Mahkamah Partai, maka hasilnya akan ditetapkan melalui proses fit untuk menjadi Ketua DPRD Paniai antara empat calon terpilih itu oleh DPD I,” jelasnya.

Jadi Ketua DPRD di Kabupaten Paniai, “menurutnya kami mewakili Masyarakat Adat (LMA) di Kabupaten Paniai dengan tegas mengatakan harus direkomendasikan kepada anak asli Enarotali agar bisa melihat kota Enaro ini dengan baik” tegas Kepala Suku Paniai Yohanes Yogi.(jk)

Mungkin Anda Menyukai