Langkah Nyata Generasi Muda Teruskan Semangat Perjuangan Pahlawan

Hari Pahlawan sebaiknya tak hanya sebagai selebrasi momentum. Ya, di 10 November ini, generasi muda sepatutnya merefleksi diri dan menggelorakan semangat perjuangan seperti para pahlawan sebelumnya.

Menjadi pertanyaan sekarang, langkah nyata apa yang bisa dilakukan generasi muda saat ini untuk menghargai Hari Pahlawan?

Tak ada perang, tak ada penjajah, namun seperti yang diungkapkan Presiden pertama Indonesia, Soekarno, bahwa ‘Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri’.

Pernyataan ini seperti penggambaran bahwa generasi muda saat ini merayakan Hari Pahlawan bukan dengan mengusir penjajah, tapi melawan ‘racun’ yang ada di bangsa itu sendiri.

Psikolog Klinis Meity Arianty menerangkan bahwa merayakan Hari Pahlawan bisa dengan melakukan aksi nyata yang dekat dengan diri kita, seperti bangga terlahir sebagai bangsa Indonesia. “Apa aksi nyata yang bisa dilakukan generasi muda dalam merayakan Hari Pahlawan adalah bangga sebagai anak bangsa yang lahir dan besar di Indonesia, di mana negara kita ini kaya dan beradab,” kata Mei

Aksi nyata lainnya yang begitu dekat dengan kehidupan anak muda saat ini adalah tunjukan bahwa Anda mau terus belajar sungguh-sungguh di sekolah, karena itu salah satu cara menghargai jasa pahlawan yang telah berjuang membuat negara ini merdeka.

Lebih lanjut, sebagai generasi muda, kata Mei, Anda dapat memberikan prestasi-prestasi terbaik dengan membawa semangat pahlawan agar bisa membuktikan ke negara lain bahwa Anda bangsa yang berprestasi.

“Selain itu, sebagai generasi muda, Anda harus semangat untuk mengisi waktu dengan kegiatan positif. Jangan lupa juga bahwa yang terpenting adalah menjaga toleransi karena kita ini beragam suku, bahasa, agama, ras,” papar Mei.

Dengan menjaga toleransi, diharapkan bangsa Indonesia yang begitu beragam dapat hidup damai dan rukun. Seperti semboyan negara ini ‘Bhinneka Tunggal Ika”

“Ingat juga untuk selalu menjalankan poin-poin Pancasila yang dapat dijadikan sebagai dasar kehidupan sehar-hari dalam bernegara,” tambah Mei.

Mungkin Anda Menyukai