Langkah Jokowi Tunjuk 12 Wamen Mudahkan Kerja Kabinet Indonesia Maju

Langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mengangkat 12 wakil menteri (wamen) diapresiasi banyak pihak. Pengangkatan mereka dianggap dapat mempermudah kerja-kerja Kabinet Indonesia Maju.

“Kami menyambut baik langkah Presiden Jokowi memilih wamen dengan kompetensi serta latar belakang sebagai loyalis Presiden Jokowi. Kebijakan Presiden Jokowi mengangkat 12 wamen untuk membantu tugas menteri tentu sudah dikaji dengan matang. Keberadaan wamen pastinya lebih memudahkan kerja-kerja Kabinet Indonesia Maju,” kata Ketua Umum Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas, Jumat (25/10/2019).

Terkait penunjukan Wahyu Sakti Trenggono (WST) jadi Wamenhan, Umbas menerangkan hal itu sudah tepat. Sebab, Sosok WST sangat berpengalaman, memahami cara kerja Jokowi.

Pengumuman Wamen (Foto: Okezone/Fakhrizal)

“Lebih dari itu, WST sebagai mantan Bendum TKN, selama ini transparan mengelola keuangan dan mampu menjaga integritas Pak Jokowi. WST sosok loyalis Pak Jokowi sejak 2014 silam dan selalu berada di belakang layar mendampingi Pak Jokowi,” sambungnya.

Sedangkan, figur Budi Arie Setiadi (BAS) juga sudah sangat terang benderang kiprahnya mendukung dan memastikan kemenangan Jokowi. “BAS sebagai ketum Projo sangat militan dan sangat loyal berjuang untuk Pak Jokowi,” turur Umbas.

Sementara Pendiri Bara JP, Roy Maningkas juga mengungkapkan rasa terima kasih kepasa Presiden Jokowi terkait penunjukan WST sebagai wakil menteri pertahanan (Wamenhan). Menurut dia, ini keputusan yang tepat dan optimis dapat membantu Menhan kembangkan industri pertahanan Indonesia semakin kuat.

“Kami ucapkan selamat dengan rasa bangga bahwa perjuangan relawan yang sudah berkeringat diberi apresiasi oleh Presiden Jokowi. Kami berharap pemerintah Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin sukses. Kami bertekad untuk terus mendukung dan mengawal,” kata Roy.

Kemudian, terkait penempatan BAS sebagai Wamendes juga dinilai Roy sangat tepat, karena desa sangat strategis sebagai konsep membangun dari pinggiran. “Tentu senafas dengan garis perjuangan rakyat dan BAS akan mampu mengejawantahkan dalam program kerja membantu Mendes,” pungkas dia.(sp)