Kandidat Cawalkot Tangsel Bermunculan, Kompetisi Pilkada Dinilai Semakin Sehat

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) digelar pada 2020. Namun, sejumlah nama kandidat calon wali kota (Cawalkot) Tangsel, pengganti Airin Rachmi Diany sudah bermunculan.

Menurut pengamat politik Yohan Wahyu, semakin banyak kandidat yang muncul hal yang bagus bagi masyarakat Tangsel. Semakin banyak kandidat, maka masyarakat bisa lebih awal untuk mempelajari kapasitas mereka.

“Munculnya banyak kandidat memberikan banyak pilihan untuk warga. Mereka bisa mulai mempelajari rekam jejak, kapasitas, dan ide-ide yang ditawarkan untuk pembangunan Tangsel. Dengan begitu, kompetisi menjadi lebih sehat,” ujar Yohan kepada wartawan, Jumat (19/7/2019).

Yohan menilai, Tangsel membutuhkan figur pemimpin yang memiliki gagasan-gagasan baru, bila melihat potensi yang dimiliki kota tersebut. Melihat sebagai kota penyangga Ibu Kota, tentunya pemimpin baru dapat membawa percepatan pembangunan.

 

Tangsel sebagai kota penyangga Ibu Kota harus berbenah, kata Yohan, infrastruktur dan fasilitas kota, pelayanan publik, akses untuk kesejahteraan warga harus lebih diperhatikan.

“Kultur birokrasi dan setting pembangunan kota harus sejalan dengan visi sebuah kota modern yang nyaman dan berkarakter. Tangsel membutuhkan figur pemimpin zaman ini, yang datang dengan ide kreatif dan inovatif,” ujarnya.

Diharapkannya, muncul nama dari kalangan muda yang mempunyai kemampuan dan menawarkan perbaikan bagi Tangsel, baik itu dari partai, profesional, masyarakat sipil atau entrepreneur kreatif. Sebab, Tangsel membutuhkan percepatan pembangunan, dan di situ dibutuhkan energi muda kreatif untuk memimpin percepatan tersebut.

Presiden Komunitas Tangsel Creative Foundation, Hilmi Fabeta mengamini kalau Tangsel membutuhkan figur pemimpin muda yang kreatif.

“Figur muda akan menjadi representasi populasi yang sangat besar di Tangsel hari ini. Mereka tergabung di berbagai komunitas kreatif, mahasiswa atau pelajar dan profesional. Pemimpin muda yang bersih, inovatif, berjiwa entrepreneur dibutuhkan untuk memajukan dan membuat bangga warga Tangsel dalam menghadapi era milenial ini,” katanya.

Pengajar Pradita Summarecon Institute itu menuturkan, ada sejumlah nama potensial yang memang sudah berseliweran untuk tarung di Pilkada Tangsel.

“Sekarang kan sudah beredar nama-nama bakal calon wali kota yang muda. Sosok-sosok yang baik menurut saya. Ada Suhendar, Andiara Aprilia Hikmat, dan lainnya. Tutup Hilmi Fabeta

Mungkin Anda Menyukai