Kabinet Jokowi-JK Akan Berakhir, Kinerja 3 Menteri Ini Dinilai Memuaskan

Alvara Research Center melakukan survei mengenai kinerja Kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Hasil survei menunjukkan publik menilai kinerja tiga menteri paling memuaskan.

Ketiga menteri dengan tingkat kepuasan kinerja tertinggi, yakni Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (91,95%), disusul Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Mulyono (84,07%), dan Menteri Keuangan Sri Mulyani (83,39%).

CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali mengatakan, Susi Pudjiastuti diapresiasi karena keberanian dan ketegasannya. Sementara kinerja Basuki dinilai sangat memuaskan, sejalan dengan capaian pembangunan infrastruktur di Indonesia yang juga masuk lima besar program Jokowi-JK yang mendapatkan tingkat kepuasan tertinggi.

”Sedangkan Sri Mulyani dihargai publik karena mampu mengelola keuangan negara dengan baik, meskipun kondisi ekonomi global yang tidak menentu,” tutur Hasanuddin dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/10/2019).

Sementara untuk tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi-JK yang mencapai 76,7%. Survei nasional nasional ini dilakukan pada 12-31 Agustus 2019. Riset ini menggunakan multi-stage random sampling dengan melibatkan 1.800 responden berusia 14-55 tahun melalui wawancara tatap muka.

Sampel diambil di seluruh Indonesia yang tersebar di 34 provinsi dengan jumlah sampel tiap provinsi proporsional terhadap jumlah penduduk. Rentan margin of error sebesar 2,35% dengan tingkat kepercayaan 95%.

(SP/mr)