Kabar Gembira, Alpukat Indonesia Bakal Masuk Pasar Jepang yang Super Ketat

Importir Jepang Great Giant Foods (GGF) Ltd berniat mengimpor buah segar asal Indonesia, yakni alpukat. Hal ini pun bisa dimanfaatkan bagi pertanian Indonesia.

“Ada kabar gembira dari Negeri Sakura, SobaTani. Ternyata, mereka meminati alpukat dari Indonesia, lho. Yuk SobaTani, manfaatkan peluang ekspor dan jadilah bagian dari sejarah pertanian Indonesia,” tulis akun instagram Kementerian Pertanian, Minggu (28/7/2019).

Ilustrasi buah alpukat

Sebelumnya, Atase Pertanian Indonesia, Sri Nuryanti menerima perusahaan importir Jepang Great Giant Foods (GGF) Ltd yang berniat mengimpor buah segar asal Indonesia.

“Kami telah meminta pemerintah Jepang menambah kuota ekspor pisang dan nanas menjadi 10 ribu ton dan 8 ribu ton per tahun,” ujar Nuryanti.

Sementara itu, Senior Manager Market Development Akira Kato menilai, ada peluang pasar buah alpukat segar yang semakin meningkat di Jepang. Apalagi, Jepang adalah negara yang tidak menghasilkan alpukat.

Ilustrasi Buah Alpukat (Foto: Shutterstock)
“Kami berharap pemerintah Indonesia mengajukan izin ekspor buah alpukat agar prosedur karantina bisa segera dimulai,” ujarnya.

Menurut Kato, permintaan buah alpukat di Jepang selama lima tahun terakhir mencapai 74 ribu ton. Angka sebesar itu, kata dia, termasuk yang paling luar biasa karena sebelumnya hanya 57 ribu ton. Sementara untuk akses impor, Jepang sendiri masih bergantung pada Amerika Serikat, Meksiko, Selandia Baru, Vietnam, Peru dan Chili.

“Tapi di tahun 2018 mulai datang dari China dan Australia. Artinya kalau kita perhatikan jenis buah yang dilarang masuk ke Jepang rasanya proses perijinan ekspor tidak akan serumit dan sepanjang buah mangga,” kata Kato.

Mungkin Anda Menyukai