Jokowi Tunjuk Idham Aziz Kapolri, DPR Gelar Uji Kelayakan Pekan Depan

Pimpinan DPR telah menerima surat presiden (surpres) perihal pengangkatan Komjen Pol Idham Aziz sebagai kapolri. Selanjutnya, surat tersebut diserahkan kepada Komisi III DPR sebagai mitra kerja Polri untuk ditindaklanjuti dalam uji kelayakan dan kepatutan.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menuturkan, surat tersebut baru dikirimkan pihak istana kepada Setjen DPR sekitar pukul 09.00 WIB tadi. Dia pun membenarkan dalam supres itu nama Kabareskrim Idham Aziz menjadi pilihan presiden untuk mengisi jabatan yang ditinggalkan Tito Karnavian.

Wakil ketua umum Partai Gerindra itu mengatakan, surpres tersebut nanti segera dikirim ke Komisi III setelah terbentuk untuk ditindaklanjuti dalam uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). “Nunggu Komisi III disepakati dulu. Kan Komisi III baru minggu depan, setelah itu ya langsung kita adakan fit and proper tes. Kan Komisi III nya belum dilantik,” ujarnya.

Sementara, sambil menunggunya Komisi III terbentuk, Dasco menyebut sampai hari ini Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto masih akan menjadi pelaksana tugas (plt) kapolri.

Irjen Pol Idham Azis menjadi satu-satunya jendral bintang tiga yang diajukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke DPR sebagai calon kapolri. Dia menggantikan Tito Karnavian yang kini telah dilantik sebagai menteri dalam negeri di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

“Pengganti kapolri sudah kami ajukan hari ini ke DPR, Pak Idham Azis, kabareskrim. Satu saja,” kata Jokowi di Istana Negara seusai melantik para menterinya di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

(SP/mr)