Jokowi Tampilkan Kekayaan Budaya Indonesia Lewat Pakaian Adat

Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Ahmad Rofiq menilai, pakaian adat yang dikenakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memperingati HUT ke-73 Republik Indonesia jadi bukti beragamnya budaya yang dimiliki bangsa.

Keanekaragaman budaya itu tercermin dalam pakaian khas adat dari masing-masing daerah. “Makna pakaian adat menunjukkan bahwa memperingati hari kemerdekaan dengan menunjukkan keragaman budaya bangsa, dan setiap keragaman budaya adalah bagian dari kekayaan Indonesia,” kata Rofiq kepada media, Sabtu (18/8/2018).

Menurut Rofiq, kekayaan budaya itu harus bisa dijaga sehingga terhindar dari perpecahan yang dapat merugikan bangsa Indonesia. “Kemajemukan yang dimiliki oleh bangsa ini harus dirawat agar persatuan dan kesatuan terus terjaga dengan baik,” tuturnya.

Rofiq menilai cara Jokowi mengenakan pakaian adat saat memimpin upacara sebagai langkah untuk menunjukkan betapa besarnya kekuatan Indonesia.

“Pesannya sangat jelas. Indonesia mempunyai kekayaaan budaya yang sangat besar, dan kekayaan ini bagian kekuatan Indonesia. Selama ini Indonesia kuat karena kemajemukan, Indonesia kuat karena budaya yang penuh warna,” tukasnya.

Seperti diketahui dalam upacara tersebut tak hanya Jokowi yang mengenakan pakaian adat. Baik tamu hingga pasukan pengamanan presiden turut mengenakan pakaian khas Indonesia. Jokowi sendiri mengenakan pakaian khas Aceh, sedangkan sang istri, Iriana mengenakan pakaian khas Sumbar.

Mungkin Anda Menyukai