Jokowi: Izin Kawasan Industri Hijau Harus Keluar dalam Hitungan Jam!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pembangunan kawasan industri hijau adalah bentuk dimulainya transformasi ekonomi Indonesia.

Hal ini disampaikan Jokowi saat melakukan groundbreaking di kawasan industri hijau di Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara. Menurutnya untuk mempermudah masalah perizinan di kawasan tersebut. Dia tidak mau mendengar izin terlambat dikeluarkan.

Bahkan Jokowi menegaskan agar izin bisa dikeluarkan dalam hitungan jam.

“Mengenai izin-izin jangan tunggu-tunggu pakai hari pakai minggu. Ga ada. Jam keluarkan. (Ini) untuk menunjukkan bahwa kita serius terhadap pembangunan kawasan ini. Saya tidak mau mendengar lagi izinnya terlambat, izinnya belum selesai. Ndak,” katanya, Selasa (21/12/2021).

Jokowi pun mengaku telah menyatakan hal ini kepada Menko Marives Maritim dan Investasi. Luhut Binsar Pandjaitan. Dia meminta Luhut agar masalah perizinan dikawal secara serius.

“Saya tadi sudah sampaikan di pesawat keda menkomarinves tidak ada yang namanya terlambat-terlambar gak ada. Dikawal betul,” ujarnya.

Dia mengatakan jika ada hal yang sangat penting dan tidak bisa diselesaikan agar disampaikan kepada dirinya.

“Karena ini betul-betul sebuah lompatan transformasi ekonomi Indonesia dan dimulai dari sini. Sehingga kita bisa mengelola sumber daya alam kita dari hulu sampai ke hilir. Dan yg paling penting penciptaaan lapangan pekerjaan yang sangat besar,” tuturnya
Selain itu kawasan ini disebut akan mampu menyerap ratusan ribu tenaga kerja di Indonesia.

“Dalam masa kontruksi tadi disampaikan bahwa akan muncul kurang lebih 10.000 tenaga kerja yang dibutuhkan. Pada saat operasi hanya di sini saja, belum anak cucu turunan dari produk-produk yang dihasilkan itu 60.000. perkiraan saya lebih dari 200.000 plus anak cucu turunan dari produk-produk yang dihasilkan,” tuturnya.

Mungkin Anda Menyukai