Dudung E Diredja, Pendidikan Dan Pelatihan Penting Bagi Anggota Koperasi

Secara umum, pengertian pendidikan dan pelatihan perkoperasian adalah pendidikan bagi anggota koperasi agar lebih memahami tentang seluk beluk koperasi, melalui penyuluhan, pelatihan dan studi banding ke koperasi yang lain.

Menurut Ketua Dekopinda Kota Tangsel, H. Dudung E. Diredja, M.Si dalam sambutan pembukaan Pendidikan Anggota (PAG) Ke II Koperasi Tahun Anggaran 2019 bahwa pendidikan dan pelatihan perkoperasian adalah kegiatan- kegiatan yang dilaksanakan untuk membuat para anggota, perangkat koperasi seperti pengurus, pengawas, dan dewan penasehat termasuk staf karyawan koperasi sadar akan ideologi koperasi, praktek usaha dan metode kerjanya.

“Tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dibidang perkoperasian,” katanya dalam pembukaan PAG Ke II Koperasi, Rabu (23/10-2019) di Sekretariat Dekopinda Tangsel.

Dudung juga mengatakan bahwa kami memiliki keyakinan kalau para pengurus dan anggotanya itu memiliki kemampuan yang sama maka pengelolaan koperasi akan berjalan dengan baik.

“Oleh karena itu saya mengharapkan kesemua yang ikut Pelatihan agar pendidikan ini dimanfaatkan semaksimal mungkin, karena sudah masuk ke PAG II,” ujarnya.

Pada PAG I yang diselenggaran beberapa waktu lalu, dinyatakan lulus semua sedangkan untuk yang ke II ini nanti materinya akan lebih mendalam lagi terkait dengan pengelolaan koperasi.

“Oleh karenanya sekali lagi untuk betul- betul memperhatikan apa yang akan disampaikan oleh fasilitator,” tuturnya.

Dudung juga mengingatkan bahwa Dekopinda ini merupakan institusi satu- satunya sebagai mitra kerja dari Pemerintah Daerah tidak ada lembaga lain, oleh karena itu fungsi kita salah satunya sebagai fasilitasi kepentingan Koperasi dengan pemerintah daerah.

“Jadi fasilitasi ini sebagai masukan kepada pemerintah daerah dengan visi mengembangkan ekonomi kerakyatan sesuai visi dari ibu walikota Hj. Airin,” tuturnya.

Hadir dalam acara pembukaan PAG II tersebut Kasie. Koperasi Adi Sopandi mewakili Kabid. Koperasi yang sedang berhalangan hadir, Sekretaris Dekopinda Kota Tangsel, Abiya, dan Sekretaris Lakopinda dan para pengurus dan anggota koperasi.