Indonesia Fashion Art Bekali Siswa Gunungkidul Membuat Batik Ecoprint

Indonesia Fashion Art (IFA) Yogyakarta menggelar workshop pengolahan kain di SMK YPKK Tepus, Gunungkidul, Rabu (10/11/2021). Kegiatan ini untuk menguatkan kompetensi siswa kejuruan dengan membekali teknik shibori dan teknik spring botanical ecoprint.

“Ini adalah bentuk kepedulian IFA terhadap dunia pendidikan dalam mendukung peningkatan kompetensi siswa kejuruan,” kata Ketua IFA, Yulvita Paramita Dewi, Rabu (10/11/2021)

Shibori merupakan teknik pewarnaan kain yang mengandalkan ikatan dan celupan dengan alat. Bahan yang digunakan berupa kain katun polos, remasol, water glass, papan, ember, karet atau tali, air panas dan air dingin.

Sedangkan spring botanical ecoprint merupakan teknik memberi pola pada kain menggunakan bahan alami atau tumbuhan yang menghasilkan pigmen warna. Bahan yang digunakan yaitu kain katun polos, larutan scouring, larutan premordant, larutan mordan int.

“Kami ingin para siswa mengetahui cara dan proses dalam menciptakan motif kain. Semoga ini menjadi bekal para siswa setelah lulus nanti,” katanya.

Mungkin Anda Menyukai