Guru Besar IPB Apresiasi Kemajuan Pertanian Indonesia

Guru Besar Madya Departemen Agribisnis Institut Pertanian Bogor (IPB), Bayu Krisnamurthi mengapresiasi langkah Kementerian Pertanian (Kementan) dalam menerapkan mekanisasi berbasis teknologi pertanian yang diterapkan selama kurang lebih empat setengah tahun terakhir.

Menurut dia, pemanfaatan ini langsung berdampak pada peningkatan produksi serta mampu menambah devisa negara secara signifikan. “Bagus sekali ya, karena setiap dolar yang didapat dari lalu lintas ekspor dampaknya sangat berguna untuk menambah devisa negara. Makanya, ke depan, saya berharap pertanian Indonesia semakin maju,” kata Bayu.

“Saya berharap, jika Ibukota baru nanti memang terbentuk, maka ke depan akan menarik perdagangan pangan dan pertanian dari seluruh Indonesia. Kemudian menjadi pusat pertumbuhan baru dan menjadi peluang bagi daerah lain di seluruh Indonesia. Ibukota baru itu tentu saja adalah Ibukotanya seluruh Indonesia, bukan hanya ibukotanya wilayah sekitar,” katanya.

Menurut Bayu, penghuni ibu kota baru diperkirakan mencapai 300 ribu Kepala Keluarga. Artinya, akan ada sekitar 1,2 jiwa yang membutuhkan 120 ribu ton beras. Belum lagi yang menyangkut kebutuhan lain seperti sayur, ayam, daging dan panganan lain.

“Nah, tambahan permintaan itu akan dipenuhi dari daerah seluruh Indonesia. Selanjutnta saya yakin perdagangan antar pulau juga akan hidup, lalu petani dan produsen bergairah memasok. Untuk itu, logistiknya harus disiapkan dengan baik,” katanya.

Bayu juga merasa yakin dengan semua geliat dan gegap gempitanya sektor pertanian di Kalimantan. Sebab itu, kata dia, Ibukota sejatinya adalah milik Indonesia, bukan hanya milik daerah sekitarnya saja.

“Berkaca dari pengalaman Jakarta. Kebutuhan Ibukota kan dipenuhi dari seluruh Indonesia. Makanya saya yakin darerah lain di Kalimantan juga akan bersemangat menyambut peluang baru ini,” katanya.

Bayu berharap, semua proses produksi dalam upaya peningkatan produk pertanian ini mampu menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia, sekaligus negara maju dan terpercaya di sektor pertanian.

“Harapan saya pertanian Indonesia semakin maju, berdaya saing dan ramah lingkungan. Saya berharap petani Indonesia semakin sejahtera, sumberdaya pertanian terjaga dan lestari serta usaha produk pertanian berkembang dan menguntungkan,” tutupnya. (oz-adv/sp)