Gubernur Papua Pertanyakan “Status” Lenis Kagoya saat Bicara soal Papua

Gubernur Papua Lukas Enembe mempertanyakan kedudukan Lenis Kogoya yang berkomentar soal kerusuhan yang terjadi di Papua beberapa waktu lalu.

“Dia kepala suku apa, mewakili apa? Tidak ada,” kata Lukas di Istana Presiden, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Diketahui saat kerusuhan lalu di bumi Cendrawasih, Lenis Kagoya memberikan statment soal Papua mengatas namakan Ketua Lembaga Masyarakat Adat Papua.

Sementara, Ketua DPR Papua Yunus Wonda mengungkapkan Lenis tidak bisa mengklaim dirinya mewakili sebagai Kepal Suku Adat Papua. Karena setiap wilayah, setiap kabupaten, setiap suku adat itu mempunyai kepala suku masing-masing. Jadi gak bisa klaim seluruh kepala suku.

“Karena gini, kita enggak bisa klaim kepala suku. Karena kepala suku di Papua itu ada banyak kepala suku. Jadi setiap kabupaten punya kepala suku. Sukunya sendiri. Jadi kita enggak bisa klaim saya kepala suku, enggak bisa. Enggak bisa klaim atas nama rakyat Papua. ‘Saya sebagai kepala suku’, enggak bisa,” ujar Yunus.

Lucas

Dia mengakui bila memang Lebis merupakan Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA). Tetapi, LMA di Papua sendiri tedapat dua lembaga.

“Ada LMA Pak Lenis tapi ada LMA juga yang memang ada dari dulu. Jadi untuk itu tidak bisa kita klaim sebagai kepala suku. Karena kepala suku punya wilayah,” katanya.(sp/jk)

Mungkin Anda Menyukai