Generasi Z Diminta Lestarikan Nilai-Nilai Pancasila dengan Kreativitas dan Karya

Generasi milenial dan Generasi Z diminta terus melestarikan nilai-nilai Pancasila sebagai pondasi kehidupan berbangsa. Dengan merawat dan mengamalkan Pancasila, Indonesia akan bersatu serta berkembang dan maju.

Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat 2019-2022 Yuliandre Darwis mengatakan, menjaga Pancasila dapat dilakukan dengan berkarya dan berkreativitas. Kalangan muda, kata dia, perlu memanfaatkan era digital sekarang ini.

Yuliandre menuturkan, banyak kisah kesuksesan dengan memanfaatkan peluang. Sebagai contoh Eric Yuan yang melejit sebagai miliarder di masa pandemi Covid-19. Eric merupakan pendiri layanan video conference Zoom.

“Sikap ingin tahu, percaya diri, banyak membaca, mau belajar, berpikir kritis dan berkomunikasi dengan orang banyak, untuk menjadi sukses dengan karya,” kata Yuliandre dalam seminar nasional untuk memperingati Hari Lahir Pancasila, Senin (1/6/2020).

Selain Yuliandre, hadir sebagai pembicara antara lain President Director&CEO Media Nusantara Citra Tbk David Fernando Audy, Ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia Marcela Zalianty, dan Dewan Pembina GENZI Abdul Razak. Seminar bertajuk Merawat Persatuan dalam Perbedaan Menuju Indonesia Maju dan Unggul.

Yuliandre menekankan, komunikasi harus turut menjaga persatuan bangsa. Caranya, komunikasi harus dibangun dengan konten positif, tidak menyebarkan hoaks dan terpenting, menjaga toleransi.

Sementara itu David Audy menuturkan, peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini berlangsung dalam suasana pandemi Covid-19. Namun Pancasila sebagai dasar filsafat dan pandangan hidup bangsa selalu menjadi landasan kokoh bagi Indonesia.

Pancasila terbukti telah membimbing bangsa sejak kemerdekaan 1945 dalam menghidari berbagai cobaan terhadap upaya upaya yang mengganggu persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut David, nilai-nilai Pancasila wajib dilestarikan dan dijunjung tinggi bagi kawula muda, baik Generasi Milenial maupun Generasi Z. Tujuannya agar Bangsa Indonesia terus maju dan berkembang serta tetap bersatu dalam menghadapi berbagai cobaan.

“Kali ini Pancasila kembali memacu semangat bangsa dalam menghadapi serangan musuh yang tak terlihat namun mematikan, yakni virus Covid-19,” tuturnya.

David menekankan, Pancasila akan selalu dan tetap relevan kendati zaman terus berubah dan peradaban terus berkembang. Tidak terkecuali dengan perkembangan teknologi, di mana media elektronik dan sosial media membuat informasi sulit dikontrol dan timbul banyak hoaks.

Nilai-nilai yang terkandung pada lima sila Pancasila, kata dia, menjadi semakin penting untuk dijunjung tinggi dan selalu menjadi landasan pemikiran Gen Z agar selalu berusaha memperkokoh persatuan demi menjaga dan merawat eksistensi.

“Gen Z hendaknya agar terus merawat Pancasila sebagai pemersatu bangsa Indonesia dan menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman dan tuntunan hidup dalam keberagaman. Karena kekuatan dan insipirasi Pancasila itulah bangsa Indonesia dihormati dan disegani oleh bangsa lain,” tuturnya.