Fakta Penelitian, Rajin Cuci Piring Bisa Hilangkan Stres

CUCI piring sehabis makan sepertinya jadi agenda yang cukup melelahkan. Namun faktanya, cuci piring bisa bermanfaat untuk kesehatan psikis seseorang.

Salah satunya memperbaiki mood dan menjauhkan seseorang dari pemikiran buruk. Seperti dilansir dari Lifehack, Selasa (10/9/2019). Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Mindfulness, melaporkan bahwa cuci piring adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres dan sebenarnya dapat meningkatkan kesehatan mental.Cuci piring

Jika anda sudah tahu bahwa mencuci piring bisa menjadi kegiatan yang baik untuk relaksasi, kini ada bukti ilmiah bahwa pekerjaan yang paling tidak andai sukai mungkin juga menguntungkan.

“Kami berhipotesis bahwa, relatif terhadap kondisi kontrol. Penelitian kami meliputi intruksi kepada sejumlah relawan untuk cuci piring . Hasilnya cukup menakjubkan,” ujar peneliti dalam sebuah studi di Universitas Florida.

Setelah melakukan penelitian mereka, para peneliti menyimpulkan, sejumlah orang yang dalam kegiatan cuci piring ini, mendapatkan efek dari bau sabun cuci dan suhu air dapat memicu keadaan pikiran yang positif.

Cuci piring

Ketika ditelaah lebih lanjut, mereka yang suka cuci piring sendiri rupanya terbukti mengurangi stres, kecemasan, menurunkan risiko depresi dan berkontribusi pada peningkatan kualitas tidur.

Ciri-ciri kepribadian positif dan kesejahteraan psiklologis juga muncul dalam tes yang diadakan sebelum dan sesudah mencuci piring.

Para peneliti mengamati bahwa peringkat saraf menurun 27%, pada pencuci piring yang sadar, sementara inspirasi mental meningkat 25%. Kedua perubahan itu signifikan secara statistik dan mencerminkan pergeseran pengalaman yang substansial, kata para peneliti.