Efisiensi Anggaran,KNPI Banten Kembalikan Dana Hibah Rp400 Juta Ke Kas Daerah

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) I Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Banten Ali Hanapiah mengatakan, bahwa penggunaan dana hibah yang berasal dari Pemprov Banten tahun 2021 sesuai dengan proposal pengajuan dan juga Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NHPD) Bahkan sebagai wujud itikad baik , KNPI Banten telah mengembalikan dana hibah sebesar Rp400 juta ke Kas Daerah.

“Penggunaan dana hibah yang berasal dari Pemprov Banten melalui Dispora sudah sesuai dengan proposal pengajuan KNPI Banten ke Dispora. Bahkan sudah sesuai dengan NHPD,” kata Ali Hanapiah kepada para awak media, Rabu (16/2/2022).

Ali juga menjelaskan , bahwa seluruh kegiatan yang menggunakan dana hibah Pemprov Banten tidak ada yang fiktif. Semua sudah sesuai.

“Bahkan sebagai itikad baik kami dari KNPI Banten ,mengembalikan dana hibah Rp400 juta ke kas daerah,” ujar dia

Untuk dana yang sudah digunakan , lanjut Ali, diperuntukan kegiatan antara lain untuk buka puasa bersama, Sosialisasi, Sumpah Pemuda , pengadaan barang dan jasa , dan juga membeli perlengkapan kesekretariatan.

“Kami kembalikan dana Rp400 juta sebagai langkah efisiensi KNPI Banten di tengah Covid ,” terangnya.

Sementara , menyikapi pernyataan sikap Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) BADKO JABAGBAR, Ali Hanapiah mengaku berterima kasih terhadap pernyataan mereka. Hal itu sebagai wujud perhatian sesama kader HMI.

“Kami ucapkan terima kasih kepada mereka (HMI Badko Jabagbar,red). Itu tandanya mereka perhatian. Dan insya Allah saya selalu kader akan memegangi teguh apa yang diajarkan HMI. Kami tidak akan hidup dari organisasi,tapi akan menghidupi organisasi, “jelasnya.

Ali juga mengajak semua pihak untuk bersatu demi bersama membangun Banten, tidak membuat fitnah -fitnah yang menyudutkan KNPI. Bagusnya semua lapisan bersatu bersama untuk membangun banten,” tukas dia.

Lebih jauh Lagi mengatakan,bahwa dana hibah bukan sebagai motor utama bergeraknya KNPI Banten untuk melakukan berbagai kegiatan.

“Sejak tahun 2016, kami menggelar puluhan kegiatan tanpa menggunakan sarana hibah.Dana hibah bagi kami adalah stimulan,” katanya.

Sementara itu, Ishak Newton, Sekjend DPD KNPI Banten telah membeberkan dan meluruskan atas komentar miring dari sejumlah kalangan

“Benar bahwa secara kelembagaan organisasi KNPI Banten menerima Dana Hibah dari Pemerintah Provinsi Banten sebesaar satu milyar pada Tahun 2021, yang diperuntukan untuk menjunjang kegiatan dan program KNPI Banten” kata ishak saat ditemui awak media Rabu (16/2/22).

Dari satu milyar tersebut Dana Hibah yang diterima oleh KNPI Banten, Ishak menjelaskan hanya sekira 60% (600.000.000) yang digunakan KNPI Banten dan sisanya 40% (400.000.0000) telah dikembalikan ke Pemerintah Provinsi Banten.

Disebutkan Ishak, Dana (600.000.000) tersebut telah diperuntukan sebagian kegiatan dan program KNPI Banten, diantaranya : bimbingan teknis kepemimpinan, pembinaan organisasi kepemudaan (OKP), Buka Puasa Bersama, Peringatan Hari Sumpah Pemuda dan keperluan administrasi kesekretariatan lainnya.

“Sebetulnya ada banyak lagi kegiatan dan program kerja yang dilaksanakan KNPI Banten, namun kami tidak bergantung pada Dana Hibah, hanya sebagiannya saja yang tercover oleh Anggaran Dana Hibah itu,” jelas Ishak.

Ishak menuturkan, Dikembalikannya sisa Dana Hibah yang diterima oleh KNPI ke Pemerintah Provinsi Banten, hal tersebut merupakan niat baik dan kepedulian KNPI Banten kepada masyarakat ditengah situasi covid ini dalam rangka pemulihan ekonomi Masyarakat.

“Bukan kami (KNPI Banten-Red) tidak membutuhkan anggaran maksimal, akan tetapi kondisi covid ini harus menjadi perhatian bersama termasuk kami (KNPI Banten-Red),” tuturnya.

Ishak berharap, kepada para pemuda jangan terbawa oleh isue miring, bersabar dan tetap berpandangan obyektif. (Ian/fbn)

Mungkin Anda Menyukai