Anies: Stasiun MRT dan Halte Bus Akan Disediakan Parkir Sepeda

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus mendorong masyarakat Ibu Kota menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi. Mereka pun berencana melengkapi stasiun MRT dan halte bus dengan area parkir sepeda sebagai bentuk dukungan program tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, dengan keberadaan area parkir khusus, diharapkan masyarakat semakin mudah dan tergerak menggunakan sepeda.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

Tidak hanya di stasiun MRT, Anies menegaskan area parkir juga akan ditempatkan di halte-halte bus. Dengan demikian, warga bisa menaruh sepeda dan berpindah ke tranportasi umum.

Ia menegaskan Pemprov DKI menargetkan hingga akhir 2019 segala fasilitas infrastruktur jalur sepeda di Jakarta terpenuhi. Jika target ini terealisasi, semakin banyak lagi masyarakat yang beralih menggunakan moda transportasi nonemisi.

“Akhir 2019, semua harus memiliki tempat parkir sepeda yang cukup,” kata Anies.

Direktur PT MRT Jakarta William Sabandar menyambut gagasan itu. Menurut dia, tempat parkir sepeda telah disiapkan di stasiun-stasiun MRT di jalur layang.

“Jadi mulai dari Lebak Bulus, kemudian Fatmawati, Cipete, juga sudah ada di Haji Nawi sampai Blok M. Prosesnya memang sekarang sedang dilaksanakan. Kalau hari ini yang kelihatan (sudah ada) di Lebak Bulus, kemudian di Cipete, Haji Nawi,” papar William.

(SP/mr)