4 Makanan Penurun Asam Urat, Jangan Takut Coba Minyak Zaitun

Makanan penurun asam urat memiliki beragam jenis meski penderitanya dibatasi untuk mengonsumsi berbagai makanan. Bagi penderita harus memahami agar tidak takut lagi mengonsumsi makanan.

Asam urat adalah senyawa turunan purina dengan rumus kimia C₅H₄N₄O₃ dan rasio plasma antara 3,6 mg/dL dan 8,3 mg/dL. Kelebihan atau kekurangan kadar asam urat dalam plasma darah ini sering menjadi indikasi adanya penyakit atau gangguan pada tubuh manusia.

Berikut makanan penurun asam urat dikutip dari berbagai sumber.

  1. Minyak Zaitun

Konsumsi minyak zaitun setiap pagi atau malam sebelum tidur membantu tubuh menurunkan kadar asam urat yang terlalu tinggi. Pasalnya, minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan, antiaflamasi, dan kaya akan asam lemak tak jenuh.

  1. Beras Merah

Makanan penurun asam urat ini mengandung karbohidrat tinggi namun memiliki kadar gula serta kalori rendah sehingga mampu menurunkan asam urat di dalam tubuh.

  1. Buah Ceri

Buah ceri menjadi makanan penurun asam urat palng favorit karena memiliki rasa yang menyegarkan. Menurut penelitian, ceri memiliki manfaat untuk menurunkan risiko “gout” atau gangguan yang terkait dengan kadar asam urat yang tinggi.

  1. Daun Seledri

Makanan penurun asam urat paling berkhasiat adalah daun seledri. Daun seledri mengandung banyak komponen yang bermanfaat seperti glikosida, apiol, dan flavonoid yang dapat mengurangi nyeri di persendian akibat asam urat. (msld).

 

Mungkin Anda Menyukai