3 Film BJ Habibie yang Menginspirasi Indonesia

BJ Habibie Presiden ke-3 Republik Indonesia meninggal dunia pada Rabu (11/9/2019) pada pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Gatot Subroto, Jakarta.

Sebagai salah satu tokoh terbaik bangsa Indonesia, kiprah BJ Habibie memang menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia. Tak hanya kejeniusannya dalam bidang iptek, namun kisah hidupnya juga menjadi panutan masyarakat.

Habibie

Bahkan, kisah hidupnya juga dituangkan dalam beberapa film. Film-film Habibie ternyata juga kerap menjadi Box Office di Indonesia.

Berikut rangkuman 3 film Habibie yang tak hanya sukses di layar lebar, tapi juga menjadi inspirasi bagi para pencinta film Indonesia.

1. Habibie & Ainun (2012)

Habibie AInun

Film Habibie & Ainun tanpa disangka-sangka menjadi booming di tengah masyarakat Indonesia. Diperankan Reza Rahardian serta Bunga Citra Lestari, film Habibie & Ainun menceritakan tentang perjalanan awal kehidupan Habibie saat menuntut ilmu di Jerman.

Film ini mengangkat kisah tentang bagaimana kisah cinta antara Habibie dan Ainun saat Habibie menempuh pendidikan di Jerman.

Selain itu, pada film ini juga diceritakan kepergian Ibu Ainun yang disebabkan oleh kanker ovarium yang dideritanya.

2. Rudy Habibie (2016)

 

Melanjutkan kesuksesan film pertamanya, film Rudy Habibie pun termasuk sukses di layar lebar. Film yang dikenal sebagai Habibie & Ainun 2, masih mengangkat cerita Habibie selama berkuliah di Jerman.

Kali ini, ada sisi lain dimana Habibie diceritakan pernah jatuh cinta dengan seorang wanita Polandia sebelum akhirnya berjodoh dengan Ainun.

Film ini semakin epik karena menceritakan kisah cinta segitiga Habibie dengan gadis Polandia dan Ainun.

3. Habibie & Ainun 3 (2019)

Habibie

Meski belum tayang (rencana tayang pada 19 Desember 2019), namun masyarakata nampaknya menaruh ekspektasi tinggi pada film sekuel ketiga BJ Habibie tersebut.

Sempat naik turun lantaran sang pemeran Jefri Nicol terseret kasus narkoba, namun tampaknya hal tersebut tak menjadi halangan besar.

Kabarnya, fokus film ini diarahkan kepada masa muda dari Hasri Ainun Besari. Aktris Maudy Ayunda dipilih untuk memerankan sosok Ainun muda.

Ya, meski BJ Habibie sudah meninggal dunia, namun karya serta hidupnya menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia. Selamat jalan Habibie.(oz/sp)