Jadi Topik ‘Panas’ di Debat Capres, Apa Sih yang Dimaksud Unicorn?

Pada debat kedua calon presiden yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), capres nomor urut 01 Joko Widodo mendapat kesempatan mengajukan pertanyaan kepada capres nomor urut 02 Prabowo Subianto.

Pertanyaan yang dilontarkan, yaitu rencana Prabowo mengenai strategi dalam peningkatan unicorn atau perusahaan startup yang memiliki valuasi nilai hingga USD1 miliar.

“Terima kasih. Infrastruktur apa yang akan Bapak bangun untuk mendukung perkembangan unicorn Indonesia?” tanya Jokowi kepada Prabowo dalam debat kedua pilpres di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu 17 Februari 2019.

Namun, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto sepertinya tidak paham. Dia sempat menanyakan apa maksud unicorn dari pertanyaan Jokowi.

“Unicorn apa yang dimaksud unicorn? Yang online-online itu?” kata Prabowo.

Sontak hal ini mendapat respons dari para tamu undangan debat. Walaupun tidak begitu mengerti, capres nomor urut 02 itu tetap menanggapi pertanyaan Jokowi.

startup

Lalu apa sih Unicorn itu?

Perusahaan unicorn merupakan startup yang memiliki valuasi aset sebesar USD1 miliar.

Selain unicorn, ada juga decacorn yang merupakan perusahaan dengan valuasi aset yang mencapai USD10 miliar dan hectocorn yang merupakan perusahaan yang memiliki valuasi nilai USD100 miliar.

Asal tahu saja, empat perusahaan start-up Indonesia berhasil menyandang status unicorn atau memiliki valuasi di atas USD1 miliar. Keempatnya, yakni Go-Jek, Traveloka, Tokopedia dan Bukalapak.

Subscribe

Berlangganan Suara Persatuan? masukan email anda!