3 Durian Terenak dan Termahal di Dunia, Nomor 2 dari Indonesia!

Hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah mencicipi kelezatan durian. Meski pada akhirnya sebagian orang memilih untuk tidak mengonsumsi buah tersebut karena aromanya cenderung tajam, tidak dapat dipungkiri bahwa durian merupakan salah satu buah tropis favorit di kalangan pencinta kuliner dunia.

Namun tahukah Anda? Beberapa jenis buah yang dijuluki “King Fruit” ini dibanderol dengan harga yang cukup fantastis. Biar tidak penasaran, berikut rangkuman 3 durian terlezat yang juga dinobatkan sebagai durian termahal di dunia. Dikutip dari berbagai sumber, Rabu (16/1/2019).

Durian Musang King, Malaysia

Hingga saat ini, durian jenis Musang King lah yang digadang-gadang sebagai durian termahal di dunia. Musang King diketahui berasal dari Negeri Jiran, Malaysia, namun juga bisa tumbuh di Indonesia. Keistimewaan ini terletak pada rasa manisnya yang pas, tekstur daging yang lembut dan tidak terlalu lembek, serta aromanya yang harum semerbak. Saking enaknya, akan sangat sulit menggambarkan rasa durian Musang King jika tidak mencobanya secara langsung.

Daging buahnya terlihat sangat bersih dan tidak berserat, dengan balutan warna kuning cerah yang semakin meningkatkatkan selera. Nah, jika berbicara soal harga, Anda harus siap-siap merogoh kocek yang cukup dalam.

Musang King dibanderol seharga Rp2,6 juta per kilogram. Bandingkan saja dengan durian yang ada di Indonesia, cukup bermodalkan Rp100 ribu saja Anda sudah bisa mendapatkan satu buah durian lokal. Berkat rasanya yang lezat, durian ini diminat oleh berbagai negara seperti China, Singapura, Hong Kong, dan Australia.

Durian Musang

Durian Tai Babi, Indonesia

Bergeser ke Indonesia, negara kita sebetulnya memiliki beragam jenis durian dengan keunikan masing-masing. Namun jika berbicara soal durian termahal, Anda bisa menemukannya di daerah Bangka Belitung. Daerah ini memang telah lama dikenal sebagai salah satu produsen terbesar di Indonesia.

Salah satu produk unggulan mereka dikenal dengan sebutan durian cumasi atau durian “Tai Babi”. Jangan kaget dulu, nama tersebut hanya digunakan sebagai julukan saja. Jadi tidak perlu khawatir apakah durian ini halal untuk dikonsumsi. Dari segi rasa, bentuk Durian Cumasi sebetulnya tidak jauh berbeda dari durian pada umumnya.

Keistimewaannya sendiri terletak pada rasa yang lebih legit, manis sedikit pahit, dengan daging buah yang tebal dan bijinya sangat kecil. Sayangnya, Durian Cumasi tergolong sebagai salah satu jenis durian langka, sehingga dibanderol dengan harga yang cukup fantastis yakni, Rp300 ribu per buah.

Durian Tai Babi

Durian Monthong, Thailand

Berbicara soal durian belum lengkap rasanya jika belum membahas durian yang satu ini. Seperti diketahui bahwa durian monthong merupakan produk durian unggulan khas Negeri Gajah Putih, Thailand. Popularitasnya bahkan jauh lebih terkenal dibandingkan durian Musang King dan Durian Cumasi.

Keunikan Durian Monthong sendiri terletak pada ukuran dagingnya yang cenderung lebih besar dibandingkan durian kebanyakan. Varian rasanya pun terbilang beragam, mulai dari yang bertekstur legit dengan sensasi rasa manis sedikit pahit, hingga yang bertekstur lembut dengan rasa manis yang menggugah selera. Soal harga jangan ditanya lagi. Satu kg Durian Monthong berkisar Rp76 ribu – Rp96 ribu.

Durian Monthong

Subscribe

Berlangganan Suara Persatuan? masukan email anda!