Penilaian dan Apresiasi Terhadap Penulis Buku Menatap Intan Jaya Bermartabat

Penilaian dan apresiasi terhadap Penulis Buku Menatap Intan Jaya bermartabat. Satu minggu yang lalu, saya menerima oleh – oleh dari salah seorang kakak yang baru kembali dari kampung halaman di pedalaman Papua.  Awalnya saya berharap mendapat  oleh – oleh itu bentuk tas Noken asli papua, tapi yang diberikan justru jauh dari yang saya pikirkan, bahkan dari oleh – oleh itu saya diminta memberi penilaian terrhadap isi kado itu. wow “ Buku MENATAP INTAN Jaya BERMARTABAT (Motivasi. Renovasi dan Inovasi) itu adalah oleh – oleh dari papua.

Buku MENATAP Intan jaya Bermartabat (Motivasi. Renovasi dan Inovasi) adalah karya salah satu putra terbaik papua, yang sungguh menginspirasi dan patut dijadikan rujukan, referensi bagi setiap putra daerah yang merasa bertanggung jawab secara moril untuk membangun daerahnya, memang isi buku ini ditulis dalam konteks pembangunan masyarakat papua secara khusus Kabupaten Intan Jaya, akan tetapi bagi saya, konteks pembangunan Intan jaya adalah sample dari potret pembangunan daerah diwilayah timur indonesia,Wilayah matahari terbit sangat erat kaitannya dengan kekayaan sumber daya Alam, kultur, dll. tetapi juga akrab dengan kemiskinan pula, karena Sumber daya manusia yang minim, pendidikan dan kesehatan infrastruktur dan pertumbuhan ekonomi yang yang tidak mampu menjawab kebutuhan masyarakat adalah akumulasi persoalan wilayah bagian timur nusantara.

Penulis buku ini sangat cermat dalam memahami konteks persoalan Intan jaya, dengan memetakan potensi daerah Intan jaya, tantangan pembangunan yang membutuhkan komitmen seorang pemimpi yang memiliki motivasi yang kuat, kemampuan merenovasi dan Inovatif. Kabupaten Intan jaya sendiri adalah daerah otonom yang memiliki potensi kekayaan sumber daya alam yang luar biasa bukan hanya diperut bumi yang mengandung emas tapi kekayaan akan kehidupan social, budaya, culture sebagai modal sosial yang menjadi dan icon pembangunan yang mesti dirawat, dikelola secara arif dan bijak oleh pemerintah, dan semua pihak didaerah tersebut.

Motivasi, renovasi dan inovasi harus dimiliki seorang pemimpin didaerah untuk mengelola daerah potensial seperti Intan jaya dengan kehidupan social, kultur, kekayaan alam demikian berpotensi mendatangkan investor untuk berinvestasi, sebagai daerah yang kaya akan sumber daya alam, tetapi masih tertinggal dalam pembangunan tentu tidak mesti anti terhadap investasi, sebab dimana ada investasi yang membuka peluang bagi perputaran modal, dan pasar yang dinamis, disitu ada peningkatan taraf pendapatan dan pertumbuhan ekonomi masayarakat yang baik pula . tetapi kemudian menjadi tanggung jawab semua stacholder memperhatikan dokumen Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai instrumen vital untuk membangun masyarakat setempat.

Disini saya pun tertarik dengan konsep “Dialog antar Generasi” bagi saya jika orang tua (usia) memiliki segudang pengalaman, maka kehadiran generasi muda dengan kemampuan ilmu pengetahuan, kobaran semangat mesti dikolaborasi demi pembangunan yang lebih baik, inovatif tanpa menghilangkan sistem nilai,cultur (Local Wisdom, benar arti sebuah nama maka jayalah Intan jaya.

Terima kasih bagi penulis untuk dedikasinya lewat buku emas ini, semoga tetap menginspirasi banyak orang untuk tidak sekedar penjadi pemimpin atau penguasa tetapi mampu menjadi motivator bagi mereka yang dipimpin dan terus berinovasi

*Olifia Hukunala, S.Sos

Penulis adalah Mahasiswi Ekonomi Politik  Sekolah Pasca Sarjana Universitas Nasional Jakarta

Subscribe

Berlangganan Suara Persatuan? masukan email anda!