5 Air Terjun Menyejukkan yang Berada di Gunung Raung

salah satu gunung dengan jalur pendakian terberat di Indonesia, Gunung Raung memiliki pesonanya tersendiri. Adalah air terjun mengalir yang menjadi bagian dari keindahan gagahnya Gunung Raung.

Hadirnya air terjun di sekitar Gunung Raung, menawarkan kesegaran sebelum para pendaki menghadapi medan pendakian yang cukup berat.

Gunung Raung terletak dalam wilayah tiga kabupaten di wilayah Besuki, Jawa Timur, yakni Banyuwangi, Bondowoso dan Jember.

Nah, jika Anda ingin mendaki gunung ini, pastikan mampir ke beberapa air terjun yang ada. Lalu air terjun apa saja yang berada di Gunung Raung?

1. Air Terjun Telunjuk Raung

Air Terjun Telunjung Raung merupakan surga kecil yang terletak di kaki Gunung Raung, Banyuwangi. Selain terkenal dengan medannya yang berat, gunung satu ini juga terkenal dengan kemistisannya. Meski begitu, air terjun di sekitar kawasan ini jauh dari kesan seram melainkan segar, sejuk dan asri.

 

2. Air Terjun Lider

Air terjun di sekitar Gunung Raung satu ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Terletak di 1300 mdpl, udara di sekitar air terjun pun terasa sejuk dan dingin. Uniknya, di bagian sisi air terjun utama, terdapat air terjun lain yang lebih kecil. Ini, membuat Air Terjun Lider bertambah kecantikannya.

Lokasinya yang berada di Hutan Lindung Petak 74 Blok Lider, lereng timur Gunung Raung, karena itu air terjun ini dinamai serupa dengan lokasinya.

3. Air Terjun Rowosari

Warga Desa Rowosari beruntung memiliki banyak air terjun di desanya. Desa yang masuk dalam Kecamatan Sumberjambe ini memiliki sekitar tujuh air terjun yang dapat dinikmati keindahannya. Udara di sekitar Air Terjun Rowosari sangat segar dan sejuk.

Namun, pastikan Anda berhati-hati saat menuju air terjun ini lantaran beberapa permukaan jalan masih cukup licin.

4. Air Terjun Pertemon

Keunikan air terjun di sekitar Gunung Raung satu ini berada di balik tebing. Air Terjun Pertemon, secara dramatis jatuh di atas tebing yang saling mengapit. Deras alirannya membentuk kolam dengan kedalaman 1 meter. Lingkungan di sekitar air terjun yang masih sangat asri dan sejuk membuat siapapun merasa betah berlama-lama di sini.

5. Air Terjun Kembar Arum

Berada di lereng Gunung Raung, Air Terjun Kembar Arum memiliki suasana yang tenang sehingga nyaman sekali untuk beristirahat dan menyegarkan tubuh sebelum melanjutkan pendakian.

Suhu udara di sekitar air terjun ini juga masih sangat sejuk sama seperti udara khas di kawasan wisata alam lainnya. Air Terjun Kembar Arum berada di kawasan Kampung Timur Corah.

Subscribe

Berlangganan Suara Persatuan? masukan email anda!