Mau Tahu Teman Kamu Depresi atau Tidak? Coba Lihat dari Status Medsosnya

DEPRESI memang menjadi salah satu penyakit mental yang tidak bisa diaggap sepele. Pasalnya, tidak jarang orang yang depresi pada akhirnya berujung pada bunuh diri.

Tapi, sebenarnya ada cara untuk mengetahui apakah seseorang mengalami gangguan mental atau tidak. Menurut sebuah studi baru dalam Proceedings of National Academy of Sciences, posting Facebook mungkin dapat memprediksi apakah penggunanya menderita depresi.

Dalam penelitian tersebut, mereka menemukan ada kata-kata yang biasanya digunakan orang-orang di postingan mereka dan menunjukkan, apakah mereka membutuhkan dukungan kesehatan mental untuk melepaskan diri dari depresi.

Dilansir dari Thehealthsite, Jumat (19/10/2018), penelitian tersebut mencatat bahwa pengguna yang didiagnosis depresi, menggunakan lebih banyak kata ganti orang pertama tunggal.

Dilaporkan, penelitian ini mengambil sample 683 orang yang masuk ke IGD. Mereka pun melihat halaman Facebook para pasien tersebut. Meskipun sebagian besar orang tidak depresi, tapi dari halaman Facebook mereka, telah didiagnosis bahwa 114 mengalami depresi berdasarkan catatan medis.

Para peneliti dengan hati-hati memeriksa setiap posting Facebook pasien enam bulan sebelum diagnosis depresi mereka, untuk mengetahui apakah mereka memiliki petunjuk tentang keadaan mental mereka. Status dan pos dianalisis melalui informasi medis elektronik.

Dilaporkan, postingan yang memiliki kata-kata seperti ‘ugh’, ‘kangen’, ‘kesal’, ‘sakit’, ‘menangis’ dan ‘kecewa’, lebih sering dikaitkan dengan orang-orang yang kemudian didiagnosis mengalami depresi.

 

Facebook sendiri telah memulai programnya pada tahun 2015, yang memungkinkan pengguna untuk menandai akun orang-orang yang memiliki pikiran untuk bunuh diri.

Menurut peneliti, penerapan suatu algoritma dapat mengubah posting media sosial menjadi informasi kesehatan. Mereka yang menginterpretasikan data harus tahu bahwa orang dapat mengubah apa yang mereka tulis berdasarkan persepsi mereka tentang bagaimana informasi itu dapat digunakan.

Subscribe

Berlangganan Suara Persatuan? masukan email anda!