Bawaslu Awasi 10 Akun Medsos Paslon Capres-Cawapres

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan mengawasi 10 akun resmi media sosial pasangan calon presiden dan wakil presiden yang didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran kampanye dalam Pemilu 2019.

“10 akun yang didaftarkan oleh capres-cawapres harus kita pantau. Iya (dikepoin). Biasanya akun akun ini baru dan menyampaikan hal baik. Kita juga mengawasi konten kampanye atau apa pun yang disampaikan di medsos berkaitan dengan pemilu,” kata Komisioner Bawaslu, Mochammad Afifuddin. Kamis (20/9/2018).

Afifuddin mengatakan, akun medsos yang terbukti melakukan ujaran kebencian atau fitnah kepada salah satu paslon tertentu akan ditutup. Bawaslu juga sudah bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terkait hal tersebut.

“Bisa kita take down (tututp). Kita sudah bekerjasama dengan Kominfo. Fungsi penindakannya tidak bisa di kita. Tapi kita sudah MoU dengan semua platform dengan untuk bisa ditindak,” imbuhnya.

Bawaslu juga menjalin kerjasama dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Dewan Pers untuk mengawasi kampanye paslon di media cetak, elektronik dan penyiaran.

“Jadi itu kesiapan kita yang sedang sedang dimaksimalkan menjelang tahapan kampanye tanggal 23 (September) itu,” tutur Afifuddin.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menyiapkan serangkaian agenda tahapan Pemilu Serentak 2019 mulai hari ini hingga akhir pekan. Kegiatannya dari penetapan calon presiden hingga kampanye.

Informasi diperoleh Okezone dari Humas KPU RI, Kamis (20/9/2018) menyebutkan bahwa sore ini, KPU akan mengumumkan penetapan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sadiaga Uno sebagai pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2019.

Selain itu, KPU hari ini juga menetapkan daftar pemilih tetap (DPT), calon senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Menurut informasi, penetapan ini dilakukan tertutup untuk media.

Kemudian pada Jumat 21 September besok akan dilakukan pengundian nomor urut pasangan capres dan cawapres. Penarikan nomor urut yang dijadwalkan pada pukul 20.00 WIB malam besok harus dihadiri langsung pasangan capres.

Setelah ditetapkan jadi capres-cawapres, kedua pasangan diperbolehkan melakukan kampanye. Masa kampanye Pilpres dimulai dari Minggu 23 September 2018.

KPU akan memfasilitasi kampanye perdana capres-cawapres di Monas, Jakarta Pusat pada Minggu nanti pukul 06.00 WIB pagi. Kegiatan ini sekaligus deklarasi kampanye damai yang dihadiri langsung pasangan capres-cawapres.

Subscribe

Berlangganan Suara Persatuan? masukan email anda!