Kesempatan Atlet Peraih Medali di Asian Games Jadi PNS Terbuka Lebar

Pemerintah menyiapkan formasi khusus pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Formasi khusus tersebut salah satunya ditujukan untuk atlet nasional yang berprestasi.

Dengan adanya formasi khusus ini, atlet-atlet yang berprestasi di Asian Games 2018 mendapatkan kesempatan menjadi seorang abdi negara. Adapun beberapa atlet yang berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan menyabet medali emas antara lain, pebulu tangkis muda Jonatan Cristie hingga atlet wushu Lindswell Kwok.

Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunan Apaatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenapnRB) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, secara khusus pemerintah menyediakan formasi ini, sebagai bentuk apresiasi bagi para atlet. Alet berprestasi ini berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.

“Ini komitmen pemerintah sebagai bentuk apresiasi,” ujarnya saat ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (6/9/2018).

Kendati demikia, lanjut Setiawan, atlet tersebut harus melalui mekanisme yang berlaku. Artinya para atlet tersebut harus tetap mengikuti seleksi CPNS yang diselenggarakan oleh pemerintah. Sebab menurutnya, pemerintah juga menginginkan agar para atlet tersebut memiliki kompetensi juga ketika menjadi abdi negara.

 

Hanya saja, para atlet tersebut mendapatkan keistimewaaan untuk bisa menjadi abdi negara. Asalkan persyaratan administrasi berhasil dipenuhi oleh yang bersangkutan.

“Tentu harus mengikuti ketentuan yang berlaku. Formasi khusus untuk atlet berprestasi. Mereka masuk melalui syarat syarat yang berlaku. Mereka diperlakukan khusus ini merupakan penghargaan khusus. Kalo emang administasi ya harus dipenuhi,” jelasnya

Adapun jumlah dan mekanismenya nantinya akan disesuaikan dengan jumlah atlet yang mendaftar. Pertama pemerintah akan menawarkan kepada para atlet untuk menjadi PNS. Apabila atlet yang bersangkutan mengamini, maka pemerintah akan menghitung jumlah atlet yang berminat. Setelah dihitung, maka jumlah tersebut lah yang akan menjadi kuota formasi untuk atlet.

“Jadi nanti kita tawarkan, kalau mereka berkenan baru kita proses (hitung),” ucapnya.

Subscribe

Berlangganan Suara Persatuan? masukan email anda!