Jokowi Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kalibata

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Acara itu dimulai pada Pukul 00.00 WIB dalam rangka memeringati Hari Kemerdekaan ke-73 RI.

“Jumat tanggal 17 Agustus 2018 Pukul 00.00 WIB pada upacara mengenang arwah dan jasa para pahlawan nusa dan bangsa,” kata Jokowi saat membacakan naskah upacara, Jumat (17/8/2018).

Jokowi mengatakan, ada ribuan pahlawan yang dimakamkan di TMP Kalibata, mulai dari TNI, Polri, tokoh nasional hingga pahlawan yang tak dikenali namanya.

“Yang telah bersemayam di taman makam ini sebanyak, TNI dan Polri 9.045 pahlawan, Badan Perjuangan 821 pahlawan, tokoh nasional 42 pahlawan, tidak dikenal 43 pahlawan, jumlah 9.951 pahlawan,” kata Jokowi.

“Begitupun para pahlawan yang tidak dikenal nama dan tempatnya, di kota-kota, di dusun-dusun, di lereng-lereng gunung, di lembah-lembah ngarai, dan di dasar-dasar lautan,” sambung Jokowi.

Jokowi mengaku sangat menghormati jasa yang para pahlawan. “Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhaan, keiklasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa,” ujarnya.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula. Dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa semoga arwah para pahlawan di terima Tuhan YME d itempat sebaik-baiknya,” tukasnya.

Upacara itu juga di hadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menkopolhukam Wiranto, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi serta Jaksa Agung HM Prasetyo.

Subscribe

Berlangganan Suara Persatuan? masukan email anda!