Pink Beach, Keajaiban Lain Pulau Komodo, Hanya Ada 7 di Dunia

Tak cuma didiami oleh Komodo, pulau Komodo juga memiliki keajaiban alam lainnya. Di sisi lain pulau Komodo terdapat Pink Beach, jenis pantai langka yang hanya ada 7 buah di dunia.

Seiring dengan melesatnya kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Komodo, Pink Beach pun kian ramai oleh dikunjungi. Pink Beach berada pulau Komodo, tepatnya di sisi lain pulau yang menjadi habitat Komodo. Karena itu setiap kapal wisata yang mengantar wisatawan untuk melihat Komodo pasti akan berlabuh ke Pink Beach juga.

Untuk menuju ke Pink Beach bisa dengan ikut tur dengan kapal menuju pulau Komodo. Paket tur bisa ditemukan dengan mudah di kota Labuan Bajo.

Sementara itu perjalanan menuju Pink Beach dari Labuan Bajo memerlukan waktu sekitar 3,5 jam. Selain berangkat dari Labuan Bajo, Pink Beach biasanya juga disinggahi kapal wisata live aboard yang berlayar dari Lombok dengan tujuan akhir Labuan Bajo, Flores.

Saya mengunjungi Pink Beach di hari ketiga perjalanan live aboard (tinggal di kapal) dari Lombok menuju Labuan Bajo, Flores. Kapal yang saya tumpangi tidak berlabuh persis di dermaga agar tidak merusak terumbu karang. Karenanya kami menggunakan perahu kecil untuk menuju dermaga Pink Beach.

Pink Beach berada di antara perbukitan. Untuk mencapai pantai saya mesti sedikit berjalan melewati bukit. Tapi begitu sampai saya langsung takjub. Ternyata Pink Beach semenakjubkan apa yang selama ini diceritakan para turis yang pernah berkunjung. Pasirnya bersemu warna pink, menciptakan suasana romantis di garis pantai sepanjang 500 meter ini.

Warna pink pada Pink Beach berasal dari hewan laut bersel satu bernama Foraminifera. Hewan laut mungil ini menciptakan cangkang berwarna pink yang terbuat dari kalsium karbonat.

Cangkang mereka terlempar ke pantai oleh air pasang dan bercampur dengan pasir hingga membuat warna pasir disini bersemu pink.

Subscribe

Berlangganan Suara Persatuan? masukan email anda!