Jokowi: Demokrasi Itu Gembira

Joko Widodo (Jokowi) dan KH Maruf Amin telah menandatangani berkas pendaftaran di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan untuk berlaga pada Pilpres 2019 sebagai Capres dan Cawapres.

“Saya dan KH Maruf Amin didampingi partai partai koalisi Indonesia Kerja, baru saja daftar sebagai bakal Capres dan Cawapres 2019-2024. Ini langkah pertama, setelah ini ada beberapa tahapan yang harus diikuti, Insya Allah lancar dan baik,” ujar Jokowi di Gedung KPU, Jumat (10/8/2018).

Pada kesempatan terebut, Jokowi pun mengajak seluruh rakyat Indonesia agar sama-sama mengawal proses pemilu benar-benar menjadi perayaan kegembiraan demokrasi.

“Di mana setiap orang bisa tunjukkan demokrasi penuh gembira. Demokrasi bukan perang, bukan permusahan, tapi ajang adu gagasan ide adu prestasi. Jangan sampai karena perbedaan politik, kita bermusuhan antar tetangga tidak saling sapa, antar kampung sehingga kita kehilangan persaudaraan, karena aset terbesar persatuan kesatuan, aset paling penting yang dijaga,” terangnya.

Sebelumnya diberitakan, Jokowi-Maruf sudah melakukan pendaftaran dan menandatangani sejumlah berkas dokumen yang dibutuhkan.

Dalam proses tersebut, Jokowi tampak membantu Kiai Maruf untuk membaca dan menandatangi dokumen yang harus dilengkapi saat melakukan pendaftaran. Keduanya pun tampak saling mengisi saat mendaftar sebagai pemimpin Indonesia ini.

Subscribe

Berlangganan Suara Persatuan? masukan email anda!