Sandiaga Uno Jadi Cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2019

Sandiaga Uno menjadi Calon Wakil Presiden Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019).

Hal itu disampaikan prabowo saat deklarasi calon wakil presiden di kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (9/8/2018) malam.
Nama Sandiaga disepakati tiga parpol, yakni Gerindra, PAN dan PKS. Partai Demokrat yang sebelumnya berkoalisi dengan Gerindra tidak ikut.

Penentuan cawapres Prabowo berlangsung alot. Ketua Umum Partai Gerindra pada Kamis (9/8/2018) pagi dan malam, bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Prabowo hanya sekira satu jam ketika bertemu SBY.

Nama anak SBY, Agus Harimurti Yudhoyono mencuat untuk mendampingi Prabowo. Namun, Prabowo mempertegas bahwa SBY tidak pernah mengajukan putra sulungnya sebagai cawapres Prabowo.

Sedangkan PKS yang juga berkoalisi dengan Gerindra mengedepankan hasil rekomendasi Ijtima GNPF-Ulama, yakni Prabowo dengan Ketua Dewan Syuro PKS, Salim Segaf, dan Prabowo disandingkan dengan Ustaz Abdul Somad.

Sementara Partai Amanat Nasional, sesuai hasil Rakernas PAN merekomendasikan nama Ustaz Abdul Somad dan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan sebagai cawapres Prabowo.

Malamnya, Prabowo kembali mendatangi rumah SBY. Ia hanya sebentar di sana ditemani Sandiaga Uno, yang disebut akan menjadi cawapres Prabowo.

Hasil keputusan Prabowo memilih Sandiaga melengkapi capres dan cawapres periode 2019-2024.

Subscribe

Berlangganan Suara Persatuan? masukan email anda!