Tangkap 283 Teroris, Kapolri Jamin Gelaran Asian Games Aman

Kapolri Jenderal Tito Karnavian memastikan gelaran Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang aman dari ancaman terorisme. Untuk mengantisipasi hal itu pihaknya telah menangkap 283 terduga teroris pasca peledakan bom di Surabaya.

“Persiapan (Asian Games) saya kira sudah cukup bagus, kita melihat pertama ancaman adalah teror ya, kita sudah melakukan penagkapan, laporan terakhir ke saya tadi malam 283 yang ditangkap pasca bom Surabaya,” kata Tito usai menghadiri penganugrahan Bintang Bhayangkara di Auditorium Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK/PTIK), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, (7/8/2018).

Tito mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya terus memerintahakan untuk melakukan penangkapan, terlebih kehadiran UU Nomor 5 Tahun 2018 yang melarang bagi anggota untuk membantu organisasi teroris yang dilarang oleh pengadilan dinilai sangat membantu polri dalam menangkap para terduga teroris.

“Pengadilan sudah menetapkan JAD dan organisasi berafiliasi dengan ISIS dilarang, artinya siapapun juga yang berhubungan membantu menjdi anggota dapat dipidana, dulu di UU lama tidak, harus ada bukti dulu, senjatanya, perencanaannya, harus ada aksinya, terlambat kita, nah UU (baru) memberikan peluang baru dan kita akan bekerja terus,” ucapnya.

Tito menambahkan, pihaknya juga berencana akan mengembangkan Satuan Tugas (Satgas) polri baik di tingkat polda, dan juga densus. “Tiap polda saya bentuk Satgas, di Mabes Polri Densus juga saya akan kembangkan dari 16 menjadi 34 Satgas semua provinsi. Semua polda juga membentuk Satgas anti teror, paralel bekerja dengan Densus,” tukasnya

Subscribe

Berlangganan Suara Persatuan? masukan email anda!