Jokowi dan Cawapresnya Akan Daftar ke KPU pada Hari Terakhir

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, Presiden Joko Widodo akan mendaftarkan dirinya sebagai calon presiden ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari terakhir pendaftaran, yakni Jumat 10 Agustus 2018. Namun, Pramono belum mengetahui kapan waktu pastinya Jokowi akan mendaftarkan dirinya pada kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

“Karena hari Jumat sudah hari terakhir, mengenai hari Jumat mendaftarnya jam berapa, nanti Presiden yang mengetahui,” ujar Pramono di Istana Negara, Jakarta, Selasa (7/8/2018).

Pramono mengatakan, sebelum mendaftar ke KPU, Jokowi akan mengumpulkan kembali sembilan ketua umum dan sekretaris Jenderal (Sekjen) partai politik pendukungnya. Pertemuan kemungkinan akan digelar Rabu atau Kamis lusa.

“Nanti dalam waktu dekat. Kalau enggak besok malam atau Kamis malam, Presiden akan mengundang ketua umum dan sekjen partai,” jelas Pramono.

Terkait siapa sosok calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Jokowi, politikus PDI Perjuangan itu memastikan nama cawapres sudah bisa diketahui parpol-parpol pendukungnya pada Kamis 9 Agustus 2018, atau sehari menjelang berakhirnya pendaftaran.

Namun, Pramono belum mengetahui apakah nama cawapres ini akan diumumkan Jokowi ke publik sebelum pendaftaran atau saat langsung mendaftarkan ke KPU.

“Ya yang jelas sebenarnya nanti satu hari sebelum hari Jumat sudah bisa diketahui. Karena ketua umum dan sekjen partai pendukung itu harus tanda tangan siapa yang mau didukung,” pungkasnya.

Subscribe

Berlangganan Suara Persatuan? masukan email anda!