Lagi Moody? 5 Makanan Ini Cocok untuk Kembalikan Semangat

TERKADANG kita memang bekerja berdasarkan mood yang pada akhirnya akan mempengaruhi aktivitas dan kualitas pekerjaan itu sendiri. Nah, guna mengembalikan mood yang jelek, sebenarnya bisa dibantu dengan konsumsi berbagai jenis makanan.

Makanan memiliki dampak yang lebih besar pada suasana hati Anda. Memilih makanan yang tepat diklaim dapat membawa perubahan dalam struktur otak, yang dapat menyebabkan perilaku berubah.

Misalnya makanan yang mengandung asam lemak omega 3, diketahui mempengaruhi jalur neurotransmitter di otak. Dengan konsumsi makanan tersebut dampaknya membantu melindungi Anda dari risiko depresi.

Ditambah lagi saat pagi hari, biasakan sarapan untuk membangkitkan semangat. Di samping itu, makan pagi juga dilakukan supaya tidak mengganggu aktivitas.

Lantas, apa saja pilihan makanan yang diklaim mampu membangkitkan suasana hati? Dilansir Boldsky, berikut adalah lima jenis makanan tersebut yang bisa dikonsumsi kapan saja.

1. Cokelat

(Foto: Shutterstock)

Cokelat adalah salah satu makanan yang dapat membangkitkan suasana hati orang yang pemarah atau merasa tertekan. Para ahli mengatakan bahwa cokelat hitam membantu mengurangi hormon stres yang mengerumuni tubuh Anda. Ada efek penurunan hormon stres kortisol dan katekolamin dalam tubuh, sehingga mampu mengatasi kecemasan.

2. Salad bayam

(Foto: Shutterstock)
 

Seseorang dapat saja sulit berkonsentrasi saat hendak bekerja. Agar mudah berkonsentrasi, coba deh makan semangkuk salad bayam yang mengandung tinggi asam folat.

Nutrisi tersebut, dapat menurunkan kadar homocysteine, yang bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan mengganggu aliran darah ke otak. Jika itu terjadi, maka Anda jadi kurang fokus dan merasa lambat dalam menyelesaikan pekerjaan.

3. Teh hijau

(Foto: Shutterstock)

Teh hijau yang mengandung theanine, dapat menenangkan pikiran dan meningkatkan fokus. Sementara itu, marah bisa datang kapan saja di sela aktivitas Anda. Karena itu, coba pilih seruput teh hijau di saat stres melanda, apalagi saat ingin marah.

4. Sereal dengan susu rendah lemak

(Foto: Shutterstock)

Minum sereal dengan susu adalah pilihan pas untuk mengenyangkan perut. Di samping itu, Anda juga dapat menurunkan mood sedih, yang jelas mengganggu aktivitas.

Ternyata, jika Anda merasa sedih sepanjang waktu bisa disebabkan karena kekurangan vitamin D. Maka salah satu caranya dibantu dengan minum sereal, yang bisa membantu produksi serotonin. Serotonin dikenal sebagai hormon yang bisa mengurangi rasa sedih dan mencegah depresi dalam jangka panjang.

5. Sandwich telur

(Foto: Egglandbest)

Wanita ketika mengalami PMS rasanya mood tidak stabil. Kadang ingin marah, sedih, bahagia, dan sebagainya. Untuk menstabilkan mood, disarankan makan sandwich isi telur yang nikmat. Kandungan karbohidrat dan tryptophan dapat menenangkan suasana hati Anda kapan saja, terutama jelang menstruasi.

Subscribe

Berlangganan Suara Persatuan? masukan email anda!