Artis Banyak Kena Narkoba, Pandji Pragiwaksono Kritik Pemerintah

Bukan rahasia lagi bila banyak kalangan artis terjerumus dalam lembah hitam narkoba. Bahkan tak sedikit yang akhirnya karirnya meredup lantaran barang haram tersebut. Terbaru, sidang narkoba juga memberikan tuntutan terhadap aktor senior Tio Pakusadewo.

Melihat fenomena tersebut, Pandji Pragiwaksono justru melemparkan kritik terhadap pemerintah. Tak lain, ia mengkritik perlakuan aparat terhadap artis yang menjadi korban narkotik.

“Pesannya negara ini harus menghentikan memperlakukan pengguna sebagai penjahat. Cuma negara ini merasa lebih gampang saja, memper malukan teman-teman seniman kita, bukan menangkap orang yang bertanggung jawab,” tutur Pandji Pragiwaksono.

Menurut Pandji, seharusnya pemerintah lebih jeli dalam menangani kasus narkoba yang melibatkan artis dan tidak sekedar menjadikan artis sebagai “kampanye” semata, melainkan harus ditelusuri secara mendalam mengapa artis sangat erat dengan penggunaan narkoba.

“Harusnya orang berpikir dua kali, jangan liat apa yang dia lakukan, tapi lihat alasan orang itu pakai narkoba. Yang dibenerin yang terjadi di belakang. Kenapa berkali-kali lembaga seperti BNN dan polisi, sahabat-sahabat kita sebagai pamflet kampanye-kampanye mereka. Itu enggak masuk di akal,” lanjutnya.

Pandji lantas membandingkan penanganan hukum kasus narkoba di Indonesia dengan negara lain. Menurutnya, seharusnya para pengedar lah yang pantas dijatuhi hukuman, dan bukan pengguna yang menjadi korban.

“Di negara manapun, yang bener ya. Harus bisa membedakan mana yang pelaku dan penjual. Yang dipermalukan harus penjual ya. Mereka penjahatnya. Ada yang salah dengan darurat narkoba,” ujarnya.

Kritik Panji memang terkait dengan proses hukum yang dijalani oleh Tio Pakusadewo, salah satu aktor senior yang sudah memiliki banyak karya dan jam terbang. Ia berharap, Tio mendapatkan keadilan yang se-adil-adilnya.

“Dalam kacamata awam saya agak bingung nih, publik harus dikasih tahu, supaya enggak ada terkesan ketidak adilan, yang diberikan kepada om Tio, enggak masuk akal

Om Tio itu bukan hanya seniman yang luar biasa. Secara reputasi orang enggak perlu di kasih tahu lagi, beliau juga seorang budayawan,” tutupnya.

Subscribe

Berlangganan Suara Persatuan? masukan email anda!